Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Nasib Lima Liga Top Eropa Setelah Virus Corona Menyerang

World Health Organization akhirnya menetapkan Virus Corona sebagai Pandemi yang berarti mempengaruhi berbagai sektor termasuk dunia olahraga.
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta/Metro
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta/Metro

Bisnis.com, JAKARTA - World Health Organization akhirnya menetapkan Virus Corona sebagai Pandemi yang berarti mempengaruhi berbagai sektor termasuk dunia olahraga.

Kompetisi sepakbola di Eropa kini tengah limbung setelah virus yang berawal dari Wuhan, China, ini menerjang Benua Biru. Lima liga top Eropa, seperti Liga Inggris, La Liga, Serie A, Bundesliga dan Ligue 1 mulai memainkan pertandingan tertutup alias tanpa penonton. Bahkan Liga Italia sudah memutuskan untuk menghentikan kompetisi setelah Perdana Menteri, Giuseppe Conte menegaskan tidak memberi izin pertemuan publik dan membatasi semua aktivitas selain untuk pekerjaan serta layanan darurat.

"Tidak ada lagi waktu, jumlahnya memberi tahu kami ada peningkatan tajam dalam penyebaran (virus), dalam perawatan intensif dan kematian," kata Conte dalam sebuah konferensi pers pada Selasa (10/3/2020).

"Kami juga memiliki langkah-langkah yang lebih ketat untuk acara-acara olahraga. Serie A dan semua turnamen olahraga pada umumnya dihentikan sementara. Semua suporter harus menerimanya."

Sekretaris Jenderal DFB (Federasi Sepak Bola Jerman) Friedrich Curtius mengatakan kepada kicker pada hari Kamis (12/3), "Otoritas kesehatan memiliki penilaian akhir tentang masalah ini dan harus membuat keputusan yang jelas. Kami harus siap untuk setiap skenario terburuk jika liga ditangguhkan atau bahkan dibatalkan."

Sementara itu di Liga Spanyol langkah serius juga sudah diambil agar penyebaran Covid-19 tidak meluas. "LaLiga menindaklanjuti protokol aksi melawan COVID-19 dan menunda pertandingan pekan ke 28 & 29."

Liga Prancis juga menerapkan kebijakan untuk menghentikan kompetisi mereka seperti di Italia, "Semua pertandingan dimainkan di stadion tertutup hingga 15 April."

Lalu bagaimana nasib Liga Inggris?

Setelah pelatih Arsenal Mikel Arteta dan gelandang serang Chelsea Calum Hudson Odoi positif terkena virus Corona, nampaknya FA akan segera mengambil langkah serius untuk kelangsungan kompetisi di Tanah Ratu Elizabeth itu.

Kabar terbaru, kompetisi akan segera dihentikan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona semakin meluas.

Dalam akun twitter resminya, Premier League, menginformasikan akan mengadakan pertemuan untuk membahas jadwal yang jadi tidak menentu. Yang pasti, laga Brighton & Hove Albion versus Arsenal di lanjutan Liga Inggris pekan ke-30 di American Express Community Stadium sudah pasti ditunda.

"Mengingat pengumuman Arsenal malam ini membenarkan bahwa pelatih tim utama mereka Mikel Arteta telah dinyatakan positif COVID-19, Liga Premier akan mengadakan pertemuan klub darurat pada Jumat pagi mengenai jadwal pertandingan mendatang. Liga Premier tidak akan berkomentar lebih lanjut sampai setelah pertemuan itu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper