Polandia Lolos ke Putaran Final Euro 2020

Polandia memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menaklukkan tamunya Macedonia Utara dengan skor 2 - 0.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 14 Oktober 2019  |  05:48 WIB
Polandia Lolos ke Putaran Final Euro 2020
Striker timnas Polandia Robert Lewandowski - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Polandia memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menaklukkan tamunya Macedonia Utara dengan skor 2 - 0 pada Senin (14/10/2019) dini hari WIB.

Dalam pertandingan pekan kedelapan Grup G kualifikasi Euro 2020 di Warsawa, ujung tombak dan kapten tim Robert Lewandowski memang tidak mencetak gol,  tetapi andilnya sangat besar dengan memasok dua assist.

Kedua gol Polandia dicetak pada babak kedua. Przemysaw Frankowski membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-74 dan Arkadiusz Milik menjadikan skor 2 - 0 pada menit ke-80.

Dengan kemenangan itu, Polandia mengoleksi nilai 19. Dengan setiap masih menyisakan dua pertandingan, Polandia dipastikan finis minimal sebagai peringkat kedua sehingga lolos ke putaran final.

Hasil lain pertandingan Grup G pada Senin dini hari WIB ialah Austria menang 1-0 atas tuan rumah Slovenia di Ljubljana berkat gol Stefan Posch pada menit ke-21.

Kemenangan itu menempatkan Austria di posisi runner up klasemen sementara dengan 16, tetapi belum pasti lolos ke putaran final Euro 2020.

Nilai Austria masih dapat dikejar Macedonia Utara dan Slovenia yang masing-masing mengoleksi poin 11.

Di posisi kelima bertengger Israel dengan nilai 8 dan dasar klasemen diisi Latvia tanpa nilai karena selalu kalah. Israel dan Latvia dipastikjan tersingkir. Kedua tim baru akan memainkan pertandingan pekan kedelapan pada Rabu (16/10/2019) dini hari WIB.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Euro 2020, Timnas Polandia

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top