Piala Asia U-16, Garuda Muda Wakil Tunggal Asia Tenggara

Indonesia akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 di Bahrain sebagai runner up terbaik kedua di antara 11 runner up di babak kualifikasi.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 23 September 2019  |  11:17 WIB
Piala Asia U-16, Garuda Muda Wakil Tunggal Asia Tenggara
Timnas Indonesia U-16 - Antara/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 di Bahrain sebagai runner up terbaik kedua di antara 11 runner up di babak kualifikasi.

Kepastian kelolosan tersebut didapat setelah seluruh tim, yang meliputi 48 tim, selesai menjalani kualifikasi pada Senin (23/9/2019) dini hari WIB.

Di Bahrain nanti, Indonesia akan menjadi wakil Asia Tenggara. Ya, skuat asuhan Bima Sakti Tukiman menjadi satu-satunya tim yang lolos dari Asia Tenggara ke putaran final di negara Timur Tengah itu.

Thailand hampir lolos ke putaran final, tetapi mereka pada akhirnya hanya menjadi runner up terbaik keenam, padahal hanya empat terbaik yang ikut mendampingi setiap juara grup lolos ke Bahrain.

Thailand menjadi runner up Grup K yang digelar di Myanmar. Mereka finis dengan nilai 6, di bawah Korea Selatan yang mendulang nilai sempurna 9 di grup yang terdiri dari empat kontestan.

Di Grup G, dua wakil Filipina dan Brunei Darussalam kandas di bawah China dan Indonesia. Vietnam yang bertarung di Grup H dan menjadi tuan rumah, finis di posisi kedua di belakang Australia, tapi hanya menjadi runner up terbaik kelima.

Singapura bertindak sebagai tuan rumah Grup I, tetapi hanya finis di peringkat ketiga di bawah Korea Utara dan Hong Kong.

Laos, Malaysia, dan Kamboja bergabung di Grup J, tetapi ketiganya kalah bersaing dengan Jepang. Laos menjadi runner up, tetapi hanya menempati posisi kesembilan di antara 11 runner up.

Bagi Indonesia, ini menjadi keterlibatan ketujuh di putaran final Piala Asia U-16. Sebelumnya Garuda Muda masuk putaran final pada edisi 1986, 1988, 1990, 2008, 2010, dan 2018 dengan prestasi terbaik peringkat keempat edisi 1990.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Piala Asia U-16, Timnas U-16

Sumber : The-AFC.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top