Pra-Piala Dunia 2022: Korsel vs Korut, Peluang Indonesia Terbuka

Timnas Indonesia berpeluang melaju ke putaran ketiga Pra-Piala Dunia 2022, berdasarkan hasil undian yang menempatkan Merah Putih di bersama tiga tim sesama Asean plus UEA.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 18 Juli 2019  |  06:29 WIB
Pra-Piala Dunia 2022: Korsel vs Korut, Peluang Indonesia Terbuka
Suporter Timnas Indonesia. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia berpeluang melaju ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2022, berdasarkan hasil undian yang menempatkan skuat Merah Putih di Grup G bersama tiga tim sesama Asia Tenggara plus Uni Emirat Arab.

Pengundian pembagian grup putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dilakukan di markas Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Rabu (17/7/2019).

Hasilnya, sebagaimana ditulis Reuters, Indonesia masuk Grup G bersama UEA, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Dua tim yang finis teratas di klasemen Grup akan melaju ke putaran ketiga Pra-Piala Dunia 2022 di Qatar.

Meski menempati urutan paling belakang dalam pot undian di antara tiga negara Asean lainnya, bagaimanapun peluang tetap terbuka untuk memetik kemenangan atas Malaysia, Thailand, ataupun Vietnam.

Rekor pertemuan menunjukkan bahwa Thailand lawan terberat di antara tiga negara Asean itu, diikuti Malaysia, sedangkan melawan Vietnam, mereka pun mengalami kesulitan untuk menaklukkan Indonesia di berbagai level umur walaupun bukan berarti Indonesia juga mudah menundukkan mereka.

Keuntungan juga bisa disebut diperoleh Indonesia—dan juga tiga negara Asean lainnya—karena tim dari pot 1 atau yang berstatus unggulan yang masuk Grup G “hanyalah” UEA, bukan ti m-tim pot 1 lainnya yang memiliki sejarah lebih hebat seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, atau China.

Pertandingan pertama Grup G digelar pada 5 September 2019. Indonesia akan menjamu Malaysia pada tanggal tersebut bersama pertandingan Thailand kontra Vietnam. Seluruh pertandingan Grup G dijadwalkan selesai pada 9 Juni, sedangkan laga terakhir Indonesia 5 hari sebelumnya di Vietnam.

Di antara pembagian grup, yang pali menarik perhatian ialah undian yang menempatkan tim unggulan Korsel dengan Korea Utara yang bertentangan secara politik dan masih berstatus perang. Perang Korea dijen tikan dengan status gencatan senjata pada 27 Juli 1953.

Korsel dan Korut—yang menempati pot 3—berada di Grup H bersama Lebanon, Turkmenistan, dan Sri Lanka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas indonesia, piala dunia 2022

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top