Hasil Copa America : Brasil Menang Adu Penalti, vs Argentina di Semifinal? (Video)

Brasil lolos ke semifinal Copa America 2019 setelah memenangi pertandingan perempat final melawan Paraguay melalui adu penalti dengan skor 4 - 3.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  10:20 WIB
Hasil Copa America : Brasil Menang Adu Penalti, vs Argentina di Semifinal? (Video)
Para pemain Brasil merayakan kemenangan atas Paraguay, - Reuters/Ueslei Marcelino

Bisnis.com, JAKARTA – Brasil lolos ke semifinal Copa America 2019 setelah memenangi pertandingan perempat final melawan Paraguay melalui adu penalti dengan skor 4 - 3 di Arena Gremio di Porto Alegre, Brasil.

Sepanjang 2 x 45 menit Brasil praktis menekan habis-habisan pertahanan Paraguay, tetapi belasan peluang hilang percuma termasuk tendangan dari luar kotak penalti dari Willian yang hanya membentur tiang kanan gawang Paraguay.

Bahkan, sejak menit ke-58 Brasil unggul jumlah pemain setelah bek Paraguay Favian Balbuena kena kartu merah, tetapi keunggulan jumlah pemain gagal dimaksimalkan skuat Samba untuk menjaringkan gol.

Regulasi Copa America menetapkan apabila pertandingan selama 2 x 45 menit berakhir imbang, penentuan pemenang langsung dilakukan melalui adu penalti kecuali untuk pertandingan final.

Dalam adu penalti, Roberto Firmino menjadi satu-satu eksekutor Brasil yang gagal menunaikan tugas dengan baik, sedangkan dari sisi Paraguay, Gustavo Gomez dan dan Derlis Gonzalez gagal menjebol gawang Brasil yang dikawal kiper Liverpool Alisson Becker.

Brasil lolos ke perempat final tunamen antarnegara Amerika Selatan ini sebagai juara Grup A, sedangkan Paraguay melaju sebagai peringkat ketiga Grup B.

Dengan status demikian, wajar apabila Brasil lebih difavoritkan untuk memenangi pertandingan pada Jumat (28/6/2019) pagi WIB ini.

Di semifinal, Brasil akan meladeni pemenang laga perempat final antara tim favorit lainnya, Argentina, dan Venezuela yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (29/6/2019) mulai pk. 02.00 WIB.

Turnamen kali ini digelar di Brasil mulai 15 Juni pagi WIB hingga 8 Juli pagi WIB. Juara bertahan adalah Cile, yang memenangi dua perhelatan terakhir, 2015 dan 2016, keduanya dengan menaklukkan Argentina di final melalui adu penalti setelah permainan selama 120 menit skor 0 - 0.

Juara terbanyak Copa America sepanjang sejarah sejak pertama kali digelar pada 1916 adalah Uruguay yakni 15 kali, diikuti Argentina 14, Brasil 8, Paraguay, Cile, dan Peru 2, serta Kolombia dan Bolivia masing-masing 1 kali juara.

Pembagian grup turnamen tahun ini, Brasil unggulan di Grup A bersama Bolivia, Peru, dan Venezuela. Grup B diisi Argentina sebagai unggulan bersama Kolombia, Paraguay, dan Qatar, sedangkan Grup C diisi Uruguay sebagai unggulan bersama Cile, Ekuador, dan Jepang.

Dengan gelaran di Brasil, wajar jika tuan rumah yang merupakan lima kali juara Piala Dunia dijagokan untuk tampil sebagai juara Copa America kali ini. Namun, ambisi itu menghadapi tantangan internal di kubu Samba sendiri yakni ketiadaan pemain bintang Neymar da Silva Santos Jr. yang cedera.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas brasil, copa america, Timnas Paraguay

Sumber : CopaAmerica.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup