Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UEFA Minta Wasit Hentikan Pertandingan Jika Ada Pelecehan Rasial

UEFA Aleksander Ceferin menyatakan bahwa ia telah meminta wasit agar lebih "berani" dan menghentikan pertandingan jika terjadi pelecehan rasial oleh penonton.
Presiden Aleksander Ceferin/Reuters-Alkis Konstantinidis
Presiden Aleksander Ceferin/Reuters-Alkis Konstantinidis

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Union of European Football Associations (UEFA) Aleksander Ceferin menyatakan bahwa ia telah meminta wasit agar lebih "berani" dan menghentikan pertandingan jika terjadi pelecehan rasial oleh penonton.

Pemain sayap Chelsea dan Timnas Inggris Callum Hudson-Odoi, 18 tahun, menjadi sasaran pelecehan rasial saat bertanding ke markas Dynamo Kiev dan Montenegro bulan lalu.

"Saat itu juga pertandingan dihentikan, atau tidak dimainkan. Saya kira 90 persen orang normal di stadion ingin menghajar penonton bodoh tersebut. Ini 2019, bukan 100 tahun lalu, " kata Ceferin seperti dikutip bbc.com.

Penyerang Manchester City dan juga Timnas Inggris Rahim Sterling juga mengalami hal yang sama dari pendukung Chelsea di pertandingan Liga Primer Inggris di Stamford Bridge, Desember lalu.

Sebuah kajian yang dirilis pada November lalu mengungkapkan separuh dari penonton sepak bola di Inggris menyaksikan pelecehan rasial saat mereka berada di stadion.

Sterling sudah menyampaikan keluhan akibat perlakuan tidak terpuji itu meminta pihak berwenang mengambil tindakan dan membasmi aksi pelecehan rasial.

Bos Chelsea Maurizio Sarri, Jurgen Klopp (Liverpool), dan Mauricio Pochettino (Tottenham) adalah di antara pelatih yang sudah menyampaikan kesiapan untuk menarik pemain dari lapangan untuk merespons teriakan pelecehan oleh penonton.

"Kami akan berbicara kepada wasit kembali dan meminta mereka agar yakin, tidak takut bertindak, " kata Ceferin.

"Ini masalah serius. Tidak hanya di negara Balkan, tapi juga di seluruh Eropa timur. Di sana tidak banyak imigran karena semua ingin ke Eropa barat karena alasan ekonomi, pekerjaan, dan kehidupan yang lebih baik," tuturnya.

Ceferin menegaskan bahwa UEFA sebenarnya sudah menerapkan sanksi yang cukup keras seperti melarang penonton yang sudah masuk daftar masuk stadion, pertandingan tanpa penonton dan juga hukuman denda.

"Jika sudah kronis, kami bisa mencoret klub atau tim nasional dari sebuah kompetisi. Semua memungkinkan, tapi itu langkah terakhir, " kata pria yang berasal dari Slovenia, salah satu negara Eropa timur, itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper