Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klub-klub Spanyol Tolak Pemainnya Perkuat Timnas Katalunya

Tiga klub Liga Spanyol Rayo Vallecano, Huesca dan Real Valladolid mengeluarkan keputusan mencegah sejumlah pemain mereka memperkuat dengan tim nasional Katalunya.
Gerard Pique/Reuters-Miguel Vidal
Gerard Pique/Reuters-Miguel Vidal

Bisnis.com, JAKARTA – Tiga klub Liga Spanyol Rayo Vallecano, Huesca dan Real Valladolid mengeluarkan keputusan mencegah sejumlah pemain mereka memperkuat dengan tim nasional Katalunya.

Ketiga klub ini berkeras bahwa keputusan itu didasarkan pada pertimbangan olahraga ketimbang politis, menyusul memanasnya hubungan antara Pemerintah Spanyol dengan pemerintah otonom Catalunya gara-gara jajak pendapat kemerdekaan yang dianggap ilegal pada Oktober 2017.

Timnas Katalunya, yang tak diakui baik oleh FIFA maupun UEFA, menjadwalkan laga uji coba melawan Venezuela pada Senin (25/3/2019) mendatang dan pelatih Valladolid Sergio Gonzalez rencananya bergabung dalam staf kepelatihan.

Akan tetapi, Valladolid memutuskan mengeluarkan pernyataan yang mencegah dua pemain mereka, Ruben Alcaraz dan Jordi Masip, bergabung dengan Timnas Catalunya.

"Klub menghormati Federasi Katalunya, tapi mengedepankan kepentingan olahraga kami yang bakal menghadapi masa penting musim ini dan kami ingin menghindari kemungkinan cedera para pemain," kata Valladolid.

Huesca juga menolak panggilan Timnas Katalunya untuk Enric Gallego dan Alex Gallar, sedangkan Vallecano melarang Alberto Garcia serta Alex Moreno.

Pelatih Katalunya Gerard Moreno mengaku kecewa dengan keputusan itu, namun menerimanya.

"Saya tidak terluka, kami mendapat izin untuk bermain namun kami hanya bisa menerima keputusan klub," kata Moreno.

"Saya pikir para pemain itu ingin datang dan bergabung, wajar, namun saya menerima keputusan klub, semuanya mengemukakan alasan masing-masing," ujarnya menambahkan.

Katalunya bakal diperkuat oleh Gerard Pique yang baru saja mundur dari Timnas Spanyol selepas Piala Dunia 2018 lalu serta legenda Barcelona, Xavi Hernandez.

Sejumlah nama kesohor lain yang masuk dalam skuat Catalunya adalah Bojan Krkic (Stoke City), Oriol Romeu (Southampton), dan Marc Bartra (Real Betis).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper