Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Madrid Vs Ajax: Heroik, Ajax Singkirkan Madrid

Hasil Madrid Vs Ajax: Heroik, Ajax Singkirkan Madrid
Hasil Madrid vs Ajax, Ekspresi Hakim Zeyich mencetak gol ke gawang Madrid/Telegraph
Hasil Madrid vs Ajax, Ekspresi Hakim Zeyich mencetak gol ke gawang Madrid/Telegraph

Bisnis.com, JAKARTA - Kejutan besar terjadi di pertandingan Real Madrid Vs Ajax Amsterdam di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari, setelah Ajax menyingkirkan Madrid di babak 16 besar Liga Champions dengan skor 4-1.

Bermain di kandang lawan, Ajax yang tertinggal 1-2 di leg pertama tampil lebih trengginas dari pada Madrid. Bahkan anak asuh Erik Ten Hag unggul cepat lewat kaki kiri Hakim Ziyech di menit ke-8 usai menerima umpan Dusan Tadic.

Ajax yang membutuhkan satu gol lagi untuk lolos ke babak perempat final bermain spartan dengan terus menyerang pertahanan Madrid.

Hasilnya, Ajax kembali membobol gawang Madrid yang dijaga Thibaut Courtois di menit ke-18 lewat David Neres yang lagi-lagi mendapat umpan matang dari Tadic. Skor Madrid Vs Ajax 0-2 bertahan hingga babak pertama selesai.

Aksi Tadic yang menebar ancaman di babak pertama lanjut di paruh kedua. Bahkan Tadic mampu mencetak gol ketiga untuk Ajax di pertandingan ini lewat sepakan dari jarak 20 meter. Gol ini menegaskan Tadic yang berasal dari Serbia benar-benar menjadi buruk Madrid di pertandingan ini.

Skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Ajax atas Madrid sekaligus menang agregat 4-2. Madrid harus mencetak tiga gol dalam waktu yang tersisa jika ingin lolos dan mempertahankan gelar Liga Champions.

Madrid sempat mempunyai asa untuk kembali mengejar ketertinggalan setelah di menit 70 Marco Assensio mencetak gol bagi Madrid sekaligus menipiskan ketertinggalan menjadi 1-3.

Namun baru saja mempunyai setitik harapan, Ajax langsung mengambil tindakan tegas dengan menambah satu gol lagi. Kali ini Lasse Schoene yang membuat gol keempat bagi Ajax di menit 72 memanfaatkan assist dari Van de Beek. Benar-benar hujan gol di Stadion Santiago Bernabeu.

Gol dari Schoene rupanya menjadi yang terakhir di laga ini sekaligus membawa Ajax lolos ke Perempat final Liga Champions dan menyingkirkan juara bertahan Liga Champions.

Susunan Pemain Madrid vs Ajax:

Real Madrid: Courtois, Carvajal, Nacho, Varane, Reguilon, Modric, Casemiro, Kroos, Vazquez (Bale 29'), Benzema, Vinicius (Asensio 35')

Ajax: Onana, Mazraoui, de Ligt, Blind, Tagliafico, Schone, van de Beek, de Jong, Ziyech, Tadic, Neres

Hasil Liga Champions:

Dortmund vs Tottenham Hotspur: 0-1

Preview Madrid Vs Ajax

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, menegaskan timnya selalu siap bersaing untuk hal-hal penting. Hal itu ia sampaikan menjelang laga kedua putaran 16 besar Liga Champions melawan Ajax di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari. Pertandingan akan berlangsung mulai 03.00 WIB dan disiarkan RCTI.

"Tim dalam kondisi yang kuat. Para pemain kaya akan karakter dan tenang karena memberikan segalanya, berusaha sekuat tenaga serta melakukan tugasnya dengan baik," kata Solari dalam jumpa pers pralaga. "Kami tak senang jika tak menang. Besok laga penting. Kami siap, karena tim ini selalu siap bersaing untuk hal penting."

 Madrid bakal menjamu Ajax tanpa kehadiran kaptennya, Sergio Ramos, yang harus menjalani sanksi larangan tampil satu pertandingan karena akumulasi kartu kuning. Meski menyayangkan absennya Ramos, Solari yakin timnya memiliki pemain yang sarat pengalaman dan kualitas untuk mengisi lubang yang ditinggalkan.

"Ia pemain penting bagi kami, seorang pemimpin. Tapi kami memiliki pemain dengan bekal pengalaman dan kemampuan untuk mengisi tempatnya. Karakter Ramos telah menular di dalam tim ini," ujar Solari.

Oleh karena itu, pelatih asal Argentina itu menegaskan timnya bertekad untuk meraih kemenangan atas Ajax dan melangkah ke perempat final Liga Champions. "Kami ingin menang dan lolos ke babak selanjutnya," kata Solari.

Meski punya modal positif dari laga pertama, Madrid tengah berada dalam periode cukup suram menyusul dua kekalahan beruntun melawan Barcelona di Santiago Bernabeu. Pada tengah pekan lalu mereka menelan kekalahan 0-3 dari Barcelona di semifinal Piala Raja sebelum kembali kalah 0-1 tiga hari berselang untuk laga pekan ke-26 Liga Spanyol. Dua kekalahan itu membuat peluang Madrid meraih trofi praktis hanya tersisa di Liga Champions saja.

Ramos Absen, Pertahanan Madrid Berlubang

Sementara itu Ajax berharap bisa memanfaatkan absennya Sergio Ramos dalam laga nanti. Pelatih Ajax Erik ten Hag menilai absennya Ramos karena akumulasi kartu kuning bakal menjadi pukulan telak bagi Madrid, meski lawannya itu saat ini memiliki keunggulan agregat berkat kemenangan 2-1 di laga pertama. "Itu pukulan berat bagi Real Madrid," kata Ten Hag dalam komentar pralaga.

Ia melanjutkan, "Luka Modric dan Toni Kroos adalah pemimpin di lapangan tengah, tapi Ramos merupakan jenderal pertahanan mereka dan absennya dia bakal mempengaruhi kondisi fisik maupun mental tim mereka."

Kondisi itu, diyakini Ten Hag bakal menjadi dorongan moral bagi para pemainnya yang masih memiliki ambisi dan bakal berjuang untuk tak tersingkir dari Liga Champions. "Para pemain kami akan tampil penuh ambisi dan berjuang untuk bertahan di semua kompetisi," katanya.

Ramos menerima kartu kuning di pengujung laga pertama yang berakhir dengan kemenangan 2-1 bagi Madrid di Johan Cruijff tiga pekan lalu, sehingga ia harus menjalani hukuman larangan tampil satu pertandingan kala timnya menjamu Ajax. Nacho Fernandez kemungkinan akan mengisi lubang yang ditinggalkan Ramos dan mendampingi Raphael Varane di jantung pertahanan Madrid.

Real Madrid saat ini secara realistis hanya memiliki peluang memperoleh trofi di Liga Champions setelah disingkirkan Barcelona dari semifinal Piala Raja dan kini berada di urutan ketiga dengan selisih 12 poin dari rivalnya itu yang memuncaki klasemen Liga Spanyol.

Daftar Pemain:

Berikut adalah daftar 21 pemain Madrid untuk lawan Ajax:
Penjaga gawang: Navas, Courtois, Luca.
Bek: Carvajal, Vallejo, Varane, Nacho, Marcelo, Reguilon.
Gelandang: Kroos, Modric, Casemiro, Valverde, Asensio, Isco, Ceballos.
Penyerang: Mariano, Benzema, Bale, Lucas Vazquez, Vinicius Jr.

Prediksi susunan pemain  dan Formasi Madrid Vs Ajax

Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Nacho, Varane, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Lucas Vazquez, Benzema, Vinicius. Pelatih: Santiago Solari.

Ajax (4-3-3): Onana; Mazraoui, De Ligt, Blind, Tagliafico; Van de Beek, Ziyech, De Jong; Neres, Dolberg, Tadic. Pelatih: Erik ten Hag.

Data dan Fakta Real Madrid vs Ajax:

- Di babak 16 besar musim lalu, Madrid berhasil menyingkirkan PSG dengan agregat 5-2. Madrid menang 3-1 di kandang dan 2-1 saat tandang.

- Rekor Madrid dalam partai dua leg babak gugur melawan klub-klub Belanda adalah menang 6 kali dan kalah 3 kali. Terakhir kali Madrid kalah agregat melawan klub Belanda adalah ketika berhadapan dengan PSV Eindhoven di semifinal European Champion Clubs' Cup 1987/88 (1-1 kandang, 0-0 tandang).

- Madrid selalu menang dalam lima laga kandang terakhirnya melawan klub-klub asal Belanda, sejak kalah 0-2 melawan Ajax di fase grup Liga Champions 1995. Rekor kandang Madrid melawan klub-klub Belanda adalah M10 S1 K2.

- Madrid mampu menang 27 kali dan hanya kalah enam kali dalam 40 laga terakhirnya di kompetisi Eropa, kandang dan tandang.

- Madrid menang 36 kali dan hanya kalah tiga kali dalam 45 laga kandang terakhirnya di Liga Champions.

- Madrid baru sekali tersingkir dalam 34 partai knockout kompetisi UEFA di mana mereka menang tandang pada leg pertama, yakni ketika melawan Odense di putaran ketiga UEFA Cup 1994/95 (3-2 tandang, 0-2 kandang).

- Madrid terus kalah dalam tiga laga kandang terakhirnya di semua kompetisi: 1-2 vs Girona (La Liga), 0-3 vs Barcelona (Copa del Rey), 0-1 vs Barcelona (La Liga).

- Karim Benzema mencetak dua gol dalam tujuh penampilan terakhirnya untuk Madrid di semua kompetisi.

- Madrid gagal menjaga clean sheet (tak kebobolan) dalam tujuh laga terakhirnya di semua kompetisi.

- Ajax gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya di fase knockout Liga Champions (M0 S2 K5), sejak menang tandang 3-2 melawan Atletico Madrid (menang agregat 4-3) di leg kedua babak perempat final musim 1996/97.

- Ajax selalu kalah dalam tiga laga tandang terakhirnya di fase knockout Liga Champions.

- Ajax hanya menang dua kali dalam 15 laga terakhirnya melawan klub-klub Spanyol (M2 S1 K12).

- Ajax selalu tersingkir di kompetisi Eropa setiap kali kalah dengan skor 1-2 di kandang sendiri pada leg pertama. Ajax sudah dua kali mengalaminya, dan keduanya melawan Juventus, yakni di semifinal Liga Champions 1996/97 (1-4 tandang) dan di babak 32 besar Liga Europa 2009/10 (0-0 tandang).

- Ajax selalu menang dalam tiga laga terakhirnya di semua kompetisi, setelah dikalahkan Madrid pada leg pertama, mencetak 13 gol dan hanya kebobolan satu gol (5-0 vs NAC Breda, 5-1 vs ADO Den Haag, 3-0 vs Feyenoord).

- Dusan Tadic jadi andalan Ajax di lini depan. Ia mencetak 12 gol dalam 14 penampilan terakhirnya untuk Ajax di semua kompetisi.

- Hakim Ziyech mencetak delapan gol dalam sembilan penampilan terakhirnya untuk Ajax di Eredivisie

Prediksi Skor Madrid Vs Ajax:

Skor Madrid Vs Ajax: 3-1

Skor Madrid Vs Ajax: 2-0

Skor Madrid Vs Ajax: 2-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper