Zico: Messi Tak Perlu Gelar Piala Dunia untuk Buktikan Kehebatannya

Lionel Messi tak perlu memenangi gear juara Piala Dunia untuk dipertimbangkan sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 28 Desember 2018  |  14:15 WIB
Zico: Messi Tak Perlu Gelar Piala Dunia untuk Buktikan Kehebatannya
Lionel Messi dalam balutan jersey Timnas Argentina - Reuters/Alberto Raggio

Bisnis.com, JAKARTA – Lionel Messi tak perlu memenangi gear juara Piala Dunia untuk dipertimbangkan sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa, demikian pernyataan legenda sepak bola Brasil Arthur Antunes Coimbra atau yang lebih dikenal sebagai Zico.

Meski berprestasi gemerlap bersama klub La Liga Spanyol FC Barcelona, sejarah tak pernah mencatat Messi berhasil memberi trofi turnamen besar di level senior untuk Timnas Argentina baik Piala Dunia maupun Copa America.

Dari empat penampilannya di putaran final Piala Dunia, Messi bersama Argentina hanya lolos satu kali ke final yakni di Brasil pada edisi 2014, di laga puncak kalah 0 - 1 dari Jerman melalui perpanjangan waktu.

Dia lolos ke dua laga final Copa America edisi 2015 dan 2016, kedua-duanya kalah adu penalti di final dari Chile setelah permainan selama 120 menit berakhir imbang tanpa gol.

Untuk negaranya, Messi memang memberi gelar, tetapi di level kelompok usia yakni Olimpiade 2008 bersama Timnas U-23 dan juara Piala Dunia U-20 edisi 2005.

Secara keseluruhan Timnas Argentina di level senior terakhir kali merebut trofi turnamen besar pada 1993 di Ekuador, ketika itu masih diperkuat Gabrie Batistuta dan Messi masih kanak-kanak berusia 6 tahun.

Messi bersama Argentina terakhir tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia pertengahan tahun ini, kalah di 16 besar 3 - 4 dari Prancis yang kemudian tampil sebagai juara.

Kesempatan Messi meraih juara Piala Dunia berikutnya ialah di Qatar pada 4 tahun mendatang saat dia telah berusia 35 tahun, yang tentunya makin menyulitkannya untuk bermain maksimal demi trofi tertinggi di jagat sepak bola itu.

Namun, Zico, yang selama 10 tahun bermain sebagai skuat Timnas Brasil juga tak pernah memenangi Piala Dunia, berpandangan Messi tak memerlukan trofi bersama Argentina untuk membuktikan kualitasnya.

“Itu [tak memenangi trofi Piala Dunia] bukan hal yang membuat frustrasi. Orang-orang saat ini hanya memikirkan pencapaian. Saya pikir karier Anda, pekerjaan Anda, itu adalah yang paling penting,” papar Zico, yang kini berusia 65 tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas brasil, piala dunia 2018, timnas argentina

Sumber : Scoresway

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup