Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zico: Messi Tak Perlu Gelar Piala Dunia untuk Buktikan Kehebatannya

Lionel Messi tak perlu memenangi gear juara Piala Dunia untuk dipertimbangkan sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa.
Lionel Messi dalam balutan jersey Timnas Argentina/Reuters-Alberto Raggio
Lionel Messi dalam balutan jersey Timnas Argentina/Reuters-Alberto Raggio

Bisnis.com, JAKARTA – Lionel Messi tak perlu memenangi gear juara Piala Dunia untuk dipertimbangkan sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa, demikian pernyataan legenda sepak bola Brasil Arthur Antunes Coimbra atau yang lebih dikenal sebagai Zico.

Meski berprestasi gemerlap bersama klub La Liga Spanyol FC Barcelona, sejarah tak pernah mencatat Messi berhasil memberi trofi turnamen besar di level senior untuk Timnas Argentina baik Piala Dunia maupun Copa America.

Dari empat penampilannya di putaran final Piala Dunia, Messi bersama Argentina hanya lolos satu kali ke final yakni di Brasil pada edisi 2014, di laga puncak kalah 0 - 1 dari Jerman melalui perpanjangan waktu.

Dia lolos ke dua laga final Copa America edisi 2015 dan 2016, kedua-duanya kalah adu penalti di final dari Chile setelah permainan selama 120 menit berakhir imbang tanpa gol.

Untuk negaranya, Messi memang memberi gelar, tetapi di level kelompok usia yakni Olimpiade 2008 bersama Timnas U-23 dan juara Piala Dunia U-20 edisi 2005.

Secara keseluruhan Timnas Argentina di level senior terakhir kali merebut trofi turnamen besar pada 1993 di Ekuador, ketika itu masih diperkuat Gabrie Batistuta dan Messi masih kanak-kanak berusia 6 tahun.

Messi bersama Argentina terakhir tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia pertengahan tahun ini, kalah di 16 besar 3 - 4 dari Prancis yang kemudian tampil sebagai juara.

Kesempatan Messi meraih juara Piala Dunia berikutnya ialah di Qatar pada 4 tahun mendatang saat dia telah berusia 35 tahun, yang tentunya makin menyulitkannya untuk bermain maksimal demi trofi tertinggi di jagat sepak bola itu.

Namun, Zico, yang selama 10 tahun bermain sebagai skuat Timnas Brasil juga tak pernah memenangi Piala Dunia, berpandangan Messi tak memerlukan trofi bersama Argentina untuk membuktikan kualitasnya.

“Itu [tak memenangi trofi Piala Dunia] bukan hal yang membuat frustrasi. Orang-orang saat ini hanya memikirkan pencapaian. Saya pikir karier Anda, pekerjaan Anda, itu adalah yang paling penting,” papar Zico, yang kini berusia 65 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Scoresway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper