Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Monaco Pecat Jardim, Thierry Henry Pelatih Baru

Mantan striker Timnas Prancis Thierry Henry pada Sabtu (13/10/2018) ditunjuk menjadi pelatih klub Ligue 1 AS Monaco menggantikan Leonardo Jardim yang dipecat karena menempatkan tim tersebut di papan bawah klasemen sementara.
Thierry Henry/Reuters
Thierry Henry/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan striker Timnas Prancis Thierry Henry pada Sabtu (13/10/2018) ditunjuk menjadi pelatih klub Ligue 1 AS Monaco menggantikan Leonardo Jardim yang dipecat karena menempatkan tim tersebut di papan bawah klasemen sementara.

Monaco merupakan klub tempat Henry mengawali karier profesionalnya sebagai pemain pada 1994 dan ternyata kini juga menjadi klub pertamanya dalam menjalni karier sebagai pelatih profesional.

Henry bermain di Monaco selama 5 tahun sebelum kemudian pada 1999 pindah ke Juventus. Hanya 16 pertandingan di Juventus, Henry kemudian menghabiskan waktu terpanjangnya bersama klub Liga Primer Inggris Arsenal.

Setelah selama 8 tahun membela Arsenal, pada 2007 dia ke Spanyol untuk bergabung bersama klub raksasa La Liga FC Barcelona hingga 2010.

Dia lantas mengakhiri kariernya bersama klub Amerika Serikat New York Red Bulls dan pensiun sebagai pemain pada 2014.

Henry merupakan bagian penting ketika Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 1998 yang digelar di negaranya dan 2 tahun kemudian menjuarai Piala Eropa (Euro) 2000 di Belanda dan Belgia.

Dia masih menjadi andalan lini depan Prancis saat tampil sebagai juara Piala Konfederasi edisi 2003 juga di negaranya dan runner up Piala Dunia 2006 di Jerman, kalah adu penalti dari Italia.

Henry sebelum ini sempat dikabarkan akan menukangi Bordeaux, yang juga merupakan kontestan Ligue 1 Prancis. Namun, kesepakatan urung tercapai lantaran ketidakcocokan soal gaji.

Kini Henry, yang mempunyai 123 caps dengan 51 gol untuk Les Bleus, julukan Timnas Prancis, dipastikan menukangi Monaco, yang bersamanya meraih gelar juara Ligue 1 pada 1997. Dia dikontrak hingga 3 tahun ke depan.

Monaco juara Ligue 1 sebanyak delapan kali, terakhir dua musim lalu, 2016 – 2017, dan musim lalu menjadi runner up di bawah Paris aint-Germain. Pada musim ini, Monaco terpuruk di peringkat ke-18 dari 20 tim akibat hanya bisa menang satu kali dari sembilan pertandingan.

Monaco juga menelan kekalahan di dua pertandingan pembuka kiprah mereka di ajang Liga Champions Eropa. Tugas pertama Henry ialah saat Monaco bertandang ke Strasbourg pada pekan ke-10 Ligue 1 pada 20 Oktober waktu setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper