Matosas, Eks-Gelandang Uruguay, Pelatih Baru Timnas Kosta Rika

Federasi Sepak Bola Kosta Rika menunjuk mantan gelandang Timnas Uruguay Gustavo Matosas sebagai pelatih baru tim nasional mereka.
M. Syahran W. Lubis | 11 Oktober 2018 19:08 WIB
Gustavo Matosas saat diperkenalkan sebagai pelatih baru Timnas Kosta Rika. - Reuters/Juan Carlos Ulate

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi Sepak Bola Kosta Rika menunjuk mantan gelandang Timnas Uruguay Gustavo Matosas sebagai pelatih baru tim nasional mereka.

Ini merupakan untuk pertama kalinya Matosas dipercaya menangani satu tim nasional meski di level klub telah belasan klub yang ditanganinya, tersebar di Uruguay, Brasil, Argentina, Peru, Paraguay, Meksiko, dan Arab Saudi.

Matosas, yang lahir di Buenos Aires, Argentina, pada 25 Mei 1967, mulai melatih di klub Uruguay Danubio pada 2007.

Ketika melatih di Meksiko, Matosas mencatat sejumlah kesuksesan yaitu memenangi dua kejuaraan bersama Leon untuk Apertura 2013 dan Clausura 2014, serta setahun kemudian menjuarai Liga Champions Concacaf bersama America.

“Ini kehormatan bagi saya, menangani tim nasional seperti Kosta Rika. Ini tantangan yang menarik dan saya merasa sangat bersemangat. Saya sudah bicara dengan keluarga saya sebab ini kesempatan yang bagus. Saya akan menganggapnya sebagai negara saya sendiri,” ungkapnya.

Sebagai pemain, Matosas menjadi bagian dari Timnas Uruguay ketika menjuarai Copa Libertadores 1995 saat bertindak sebagai tuan rumah, di final menaklukkan Brasil melalui adu penalti.

Di tingkat klub, sebagai pemain, Matosas ikut mengantar klub legendaris Uruguay Penarol merebut trofi Copa Libertadores 1987 serta juara liga teratas Uruguay pada 1985 dan 1986.

Adapun Los Ticos, julukan Timnas Kosta Rika, kandas di fase grup dalam putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni – Juli lalu setelah meraih prestasi terbaik di Piala Dunia 4 tahun sebelumnya di Brasil dengan menembus perempat final.

Tugas pertama Matosas ialah ketika Kosta akan menjalani laga uji coba melawan tuan rumah Meksiko di Leon yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (11/10/2018) mulai pk. 08.30 WIB dan 5 hari kemudian menghadapi Kolombia di New Jersey, Amerika Serikat.

Sumber : FIFA.com

Tag : timnas uruguay, Timnas Kosta Rika
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top