Hasil Indonesia Vs UEA: Indonesia Kalah Dramatis Lewat Babak Adu Penalti

Hasil Indonesia Vs UEA: Indonesia Kalah Dramatis Lewat Babak Adu Penalti
Andhika Anggoro Wening | 24 Agustus 2018 19:01 WIB
Pemain Indonesia Stefano Lilipaly usai mencetak gol balasan ke gawang UEA - Bisnis.com/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Indonesia vs Uni Emirat Arab (UEA) di babak 16 besar Asian Games 2018, Jumat (24/8/2018) akhirnya dimenangkan UEA lewat drama adu penalti yang menegangkan.

Bermain di Stadion Wibawa Mukti, gol UEA diciptakan Alameri Zayed di menit 20 dan 65 lewat titik putih. Sedangkan gol Indonesia diciptakan Beto di menit 52 dan Stefano Lilipaly 94.

Indonesia di pertandingan ini melakukan perubahan di lini belakang dengan menurunkan Andy Setyo menemani Hansamu Yama di jantung pertahanan sementara Ricky Fajrin digeser ke kiri menempati pos Rezaldi Hehanusa.

Indonesia mendapat peluang pertama di awal pertandingan, namun Beto Goncalves gagal menyontek bola sodoran Febri Hariyadi.

UEA yang melakukan serangan balik mendapat hadiah penalti setelah Andy Setyo melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Wasit yang melihat kejadian ini langsung menunjuk titik putih untuk UEA.

Alamaeri yang maju sebagai algojo berhasil menaklukkan Andritany dengan menempatkan bola ke sisi sebelah kanan gawang.

Irfan Jaya yang beroperasi di sisi sebelah kanan sayap Indonesia berhasil lolos dari penjagaan pemain UEA, namun sayang tendangannya masih dapat ditangkap oleh kiper UEA, Alshamsi Mohamed. Skor Indonesia vs UEA masih 0-1.

Masuk babak kedua, Luis Milla memasukkan Septian David Maulana untuk menambah daya gedor Indonesia. Taktik ini langsung terbukti jitu.

Septian David langsung memberi umpan jitu kepada Beto untuk menyamakan kedudukan di menit 52 lewat sontekan cantik di depan gawang UEA. Skor Indonesia vs UEA 1-1.

Wasit Evas Shaun Roberts melakukan kontroversi dengan memberi penalti hantu buat UEA, Hansamu Yama dianggap melakukan pelanggaran kepada Aldarmaki Shaheen padahal ditayangan ulang tidak ada kontak berarti.

Alamaeri yang maju berhasil mengeksekusi tendangan penalti dan mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk UEA.

Perjuangan tanpa kenal lelah Indonesia untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah hasil. Stefano Lilipaly menyamakan kedudukan 2-2 di menit 94 babak kedua dan memaksa pertandingan sampai babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Indonesia dan UEA tidak terlalu bermain ngotot. Tim Garuda Muda meski menguasai jalannya pertandingan tidak memilik banyak peluang untuk mencetak gol.

Akhirnya pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti setelah tidak ada gol yang tercipta dalam 2x15 menit.

Indonesia akhirnya harus mengubur impiannya lolos ke babak perempat final setelah kalah di babak adu penalti dengan skor 4-3. Septian David Maulana dan Saddil Ramdani gagal menjadi algojo, hanya Beto, Lilipaly dan Hargianto yang sukses menceploskan bola.

Di babak perempat final, UEA akan bertemu dengan pemenang Korea Utara vs Bangladesh yang baru akan bertanding pada pukul 19.30 WIB.

Sementara itu, di babak 16 besar Asian Games 2018 lainnya, Arab Saudi menang 4-3 atas China sedangkan Korea Selatan membantai 5-0 atas Hong Kong.

Susunan pemain dan formasi Indonesia vs UEA:

Indonesia (4-2-3-1): Andritany; Putu Gede, Hansamu Yama, Andy Setyo, Ricky Fajri; Zulfiandi, Evan Dimas; Irfan Jaya, Lilipaly, Febry; Beto.

Tag : asian games 2018, timnas u-23
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top