Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Irak Mundur dari Sepak Bola Asian Games, Bikin Kacau Pembagian Grup

Irak mengundurkan diri dari turnamen sepak bola Asian Games bulan ini di Jakarta, sehingga menimbulkan potensi kekacauan di kompetisi itu kurang dari 2 pekan sebelum dimulai.
Pelatih Timnas Irak U-23 Abdul-Ghani Shahad./FIFA.com
Pelatih Timnas Irak U-23 Abdul-Ghani Shahad./FIFA.com

Bisnis.com, HONG KONG – Irak mengundurkan diri dari turnamen sepak bola Asian Games bulan ini di Jakarta, sehingga menimbulkan potensi kekacauan di kompetisi itu kurang dari 2 pekan sebelum dimulai.

Komite Olimpiade Irak telah menarik tim dari ajang itu, menurut narasumber di Baghdad, dan keputusan itu membuat para ofisial perlu mengatasi ketidakseimbangan pada fase pembukaan turnamen.

Pekan lalu Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan mengundi ulang terhadap fase grup kompetisi untuk menambahi Palestina dan Uni Emirat Arab, setelah kedua negara itu tidak masuk dalam daftar peserta awal.

Hal itu berarti dua dari enam grup yang sebelumnya berisi empat tim kini menjadi dihuni lima tim, namun pengunduran diri Irak berarti satu grup—yang dihuni China, Timor Leste, dan Suriah—hanya akan diisi tiga negara.

Dewan Olimpiade Asia, panitia penyelenggara Asian Games, belum merespons permintaan berkomentar dari Reuters.

Sumber di Asosiasi Sepak Bola Irak awalnya membantah laporan bahwa tim negaranya akan mundur dari kompetisi dan bahwa persiapan-persiapan skuat menuju tahap akhir menyusul selesainya pemusatan latihan di Kota Erbil.

Pada awal pekan ini para pejabat sepak bola dilaporkan telah dipecat karena keterlibatan mereka dalam pemilihan para pemain yang usianya melampaui batas (overage) untuk Timnas U-16 setelah langkah mereka terhenti di pemeriksaan paspor dalam perjalanannya untuk berpartisipasi di ajang regional itu.

Pengunduran diri tim sepak bola Irak menyusul keputusan Filipina untuk tidak mengirim tim bola basket negara itu ke Jakarta, sebagai dampak perkelahian di lapangan dengan Australia pada kualifikasi Piala Dunia terkini.

Turnamen sepak bola di Asian Games dimulai pada 10 Agustus dan menampilkan tim-tim yang dihuni para pemain berusia 23 tahun ke bawah. Para pelatih diizinkan mendaftarkan tiga pemain overage. Final digelar pada 1 September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper