Ratusan Ribu Orang Sambut Pahlawan Les Bleus & Vatreni

Lebih dari 300.000 warga Prancis menyambut tim nasional sepak bola mereka yang pulang dari Rusia sebagai juara Piala Dunia 2018 di Champs Elysees di pusat Kota Paris.
M. Syahran W. Lubis | 17 Juli 2018 08:27 WIB
Bus dan fans saat parade kemenangan Timnas Prancis di Champs Elysees, Paris. - Reuters/Charles Platiau

Bisnis.com, JAKARTA – Lebih dari 300.000 warga Prancis menyambut tim nasional sepak bola mereka yang pulang dari Rusia sebagai juara Piala Dunia 2018 di Champs Elysees di pusat Kota Paris.

Mereka berpesta sejak Senin (16/7/2018) tengah malam WIB hingga Selasa (17/7/2018) pagi WIB menyambut pahlawan skuat Les Bleus (Si Biru) yang mempersembahkan trofi kedua Piala Dunia setelah yang pertama pada 20 tahun silam ketika event akbar itu digelar di negara mereka sendiri.

Fans sepak bola Prancis itu berlompatan dan menyanyikan lagu "We Are The Champions" milik grup band Queen sebelum Presiden Emmanuel Macron memulai resepsi untuk segenap skuat timnas.

Dalam final Piala Dunia 2018, Prancis menundukkan Kroasia dengan skor 4-2 di Stadion Luzhniki di Moskwa, Rusia, pada Minggu (15/7/2018) malam WIB.

“Terima kasih telah membuat kita semua bangga,” kata Presiden Macron yang didampingi istrinya, Brigitte, yang menyambut timnas sebagai pahlawan dan lantas menggelar perjamuan kehormatan bagi segenap pemain dan pelatih Prancis di Istana Elysee.

Pesta serupa bukan hanya milik Prancis. Kedatangan Timnas Kroasia di Zagreb, ibu kota negara itu, disambut ratusan ribu orang. Kesedihan pun tak tampak lagi. Bagaimanapun, runner up Piala Dunia merupakan pencapaian hebat bagi tim berjuluk Vatreni alias The Blazers.

Raihan terbaik Kroasia sebelumnya adalah peringkat ketiga, yang juga mereka dapatkan pada 20 tahun silam di Piala Dunia 1998 di Prancis.

Berikut sambutan untuk para pahlawan olahraga itu di Paris dan Zagreb:

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyambut suporter dan para pemain di Istana Presiden Elysee. – Reuters/Ludovic Marin

Fans menanti di depan Hotel Crillon menantikan kedatangan Timnas Prancis. – Reuters/Charles Platiau

Gelandang Timnas Prancis Paul Pogba berbicara bersama pelatih Didier Deschamps di Istana Elysee. – Reuters/Ludovic Marin

Brigitte Macron, istri Presiden Prancis Emmanuel Macron (tak terlihat di foto), ikut menyambut timnas di Istana Elysee, didampingi Paul Pogba. – Reuters/ Philippe Wojazer

Kapten Luka Modric saat penyambutan Timnas Kroasia di Zagreb. – Reuters/Antonio Bronic

      Bek Kroasia Dejan Lovren saat pesta penyambutan. – Reuters/Antonio Bronic

        Fans Timmas Kroasia larut dalam suka cita. – Reuters/Antonio Bronic

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic dan kapten Luka Modric di panggung pesta penyambutan. – Reuters/Antonio Bronic

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala dunia 2018

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top