Prediksi Inggris Vs Belgia: Kekuatan kelemahan Tim Inggris dan Belgia

Prediksi Inggris Vs Belgia: Kekuatan kelemahan Tim Inggris dan Belgia
Newswire | 14 Juli 2018 17:32 WIB
Timnas Inggris - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Petualangan skuat generasi emas Belgia dan pasukan muda Inggris terpaksa berakhir di pertandingan perebutan juara ketiga Piala Dunia 2018, di Saint Petersburg, Rusia, Sabtu malam.

Pertandingan ini bermakna lebih sekedar perebutan juara ketiga, namun juga pembuktian ketajaman antara Harry Kane dan Romelu Lukaku sebagai striker tersubur di Rusia.

Laga ini juga menjadi pertarungan taktik antara kedua pelatih, Roberto Martinez dan Gareth Southgate, yang sama-sama memakai formasi tiga pemain bertahan dan serangan balik yang cepat.

Di sisi lain, Belgia memiliki sedikit keunggulan mental sebab berhasil mengalahkan Inggris 1-0 pada babak penyisihan grup berkat gol Adnan Januzaj.

Namun, timnas Inggris yang kecewa karena gagal menembus final akan menjadikan pertandingan melawan Belgia sebagai pelampiasan, setidaknya mereka harus mendapatkan juara ketiga untuk menjawab ekspektasi masyarakat Inggris.

"Kami ingin menyelesaikan turnamen dengan baik. Kami telah menetapkan standar kami bekerja dan bagaimana kami bermain," kata Southgate seperti dilansir Skysports pada konferensi pers sebelum pertandingan.

"Ada banyak motivasi bagi kami dan Belgia telah mengalahkan kami, jadi kami juga ingin membicarakan hal itu," sambung Southgate.

Roberto Martinez pun menjawab tantangan Inggris dengan mengatakan, "Dan mereka ingin menjadi tim Belgia terbaik yang pernah ada dan siap tampil."

Kondisi tim Inggris dan Belgia

Kedua pelatih kemungkinan tidak akan menggeser posisi Harry Kane dan Romelu Lukaku yang mengusung misi menjadi pencetak gol terbanyak. Saat ini Kane masih memimpin dengan enam gol, diikuti Lukaku dengan empat gol.

Southgate bahkan terang-terangan mengatakan tidak akan merombak skuatnya, tidak seperti pertandingan penyisihan grup terakhir saat pelatih itu memasukan mayoritas tim cadangan untuk menghadapi Belgia karena kedua tim sudah lolos ke babak gugur.

"Semuanya ingin bermain tetapi terkadang bukan keputusan yang baik untuk bermain seseorang jika energi mereka tidak ada," kata Southgate.

Kendati demikian, Inggris kemungkinan tidak memainkan Kieran Trippier yang mengalami masalah otot saat dikalahkan Kroasia, saat Jordan Henderson, Kyle Walker dan Ashley Young masih kelelahan.

Di sisi lain, pelatih Belgia mungkin akan menurunkan Adnan Janujaz, Dries Mertens dan Yannick Carrasco. Thomas Meunier absen pada semifinal kemungkinan akan tampil kembali.

Kekuatan dan kelemahan Inggris dan Belgia

Salah satu kekuatan Inggris adalah ketajaman Harry Kane, kecepatan pemain sayap dan kemampuan maksimal dalam menciptakan gol dari servis bola mati.

Inggris mencetak sembilan dari 12 gol di Piala Dunia 2018 melalui eksekusi bola mati.

Namun, melihat pertandingan saat dikalahkan Kroasia, lini tengah Inggris tidak memiliki sosok gelandang kreatif untuk membuka alur serangan baru saat tim sedang tertekan.

Sebaliknya, lini tengah merupakan tulang punggung kekuatan Belgia dengan adanya Kevin de Bruyne, Eden Hazard dan Nacer Chadli, yang menggabungkan keunggulan teknis dengan kecepatan.

Namun yang harus diperhatikan Martinez adalah tiga pemain bertahan Belgia yang harus tetap di posisinya saat meladeni kecepatan striker Inggris, terutama Rashford atau Sterling jika mereka dimainkan.

Sumber : Antara

Tag : timnas inggris, piala dunia 2018, Timnas Belgia
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top