Manuel Neuer Tetap Kiper Pilihan Pertama Timnas Jerman

Kiper Jerman Manuel Neuer akan menjadi penjaga gawang pilihan pertama pada Piala Dunia 2018 jika ia mampu masuk skuat final.
Newswire | 31 Mei 2018 21:24 WIB
Manuel Neuer - Reuters/Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA – Kiper Jerman Manuel Neuer akan menjadi penjaga gawang pilihan pertama pada Piala Dunia 2018 jika ia mampu masuk skuat final, demikian disampaikan manajer timnas Oliver Bierhoff pada Kamis (31/5/2018), bahkan meski pemain yang turut membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2014 itu belum pernah memainkan pertandingan kompetitif sejak September.

Neuer absen sepanjang musim setelah mengalami patah tulang pada kakinya dan menjalani operasi. Kembalinya ia ke Bayern Munich berulang kali tertunda dan pemain 23 tahun itu tidak pernah memainkan pertandingan latihan menjelang turnamen yang dimulai di Rusia pada 14 Juni.

Ia bermain pada kedua pertandingan latihan melawan timnas Jerman U-20 di pemusatan latihan mereka di Italia, dan siap dimainkan untuk pertandingan persahabatan melawan Austria pada Sabtu.

"Manuel akan pergi ke Piala Dunia sebagai (kiper) nomor satu kami," kata Bierhoff kepada para pewarta di pemusatan latihan mereka di Eppan, Italia utara. "Jika ia masuk ke dalam skuad kemudian Marc-Andre (ter Stegen) akan menjadi nomor dua."

Pelatih Joachim Loew telah memilih empat kiper, termasuk Ter Stegen dari Barcelona, kiper Paris St Germain (PSG) Kevin Trapp, dan kiper Bayer Leverkusen Bernd Leno, untuk skuad pendahuluan yang berisi 27 pemain, yang melakukan persiapan di Italian Alps.

Ia akan mencoret empat pemain, termasuk satu kiper, pada Senin untuk membentuk tim final yang berisi 23 pemain.

"Manuel telah benar-benar kembali ke jalur. Ia tidak perlu kembali ke sana. Semua pemain meninggalkan impresi besar di sini dan ini merupakan keputusan yang sangat sulit," kata Bierhoff.

"Pada malam sebelum pengumuman tim akan ada pemikiran-pemikiran final di antara para staf kepelatihan. Pada dini hari keesokan harinya para pemain akan diinformasikan."

Jerman juga berharap Kanselir Angela Merkel akan mengunjungi markas mereka pekan ini.

"Informasi saya adalah bahwa pada Minggu ia akan datang. Sebelum kami melakukan pemusatan latihan kami mengunjungi dia, dan ia memberi indikasi bahwa ia ingin menyapa tanpa terlalu banyak keriuhan."

"Ini adalah tradisi. Menyenangkan untuk mendengarnya dari dia dan bagaimana ia melihat situasi tim menjelang turnamen."

Jerman, yang juga akan berhadapan dengan Arab Saudi di Leverkusen pada 8 Juni pada pertandingan pemanasan terakhir mereka, di Grup F Piala Dunia bersama Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Turnamen akbar itu akan dimulai pada 14 Juni.

Sumber : Antara/Reuters

Tag : timnas jerman
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top