Hasil Lengkap Uji Coba Piala Dunia: Prancis Menang, Portugal Tertahan

Prancis mencatat kemenangan atas Republik Irlandia 2-0 dalam uji coba menjelang Piala Dunia 2018, sedangkan Portugal ditahan imbang Tunisia 2-2.
M. Syahran W. Lubis | 29 Mei 2018 06:05 WIB
Mario Balotelli (9) setelah mencetak gol pertama Italia ke gawang Arab Saudi. - Reuters/Arnd Wiegmann

Bisnis.com, JAKARTA – Prancis mencatat kemenangan atas Republik Irlandia dalam uji coba menjelang Piala Dunia 2018, sedangkan Portugal ditahan imbang Tunisia dalam rangkaian pertandingan yang berlangsung pada Selasa dini hari WIB (29/5/2018).

Dalam laga uji coba lainnya, dua wakil Asia ke putaran final Piala Dunia 2018, Iran dan Arab Saudi dihajar masing-masing dengan skor tipis 1-2 oleh tim-tim yang gagal lolos ke putaran final turnamen akbar tersebut, yang berlangsung di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli ini.

Di Stade de France di Saint Denis, Paris, tuan rumah Prancis memetik kemenangan 2-0 atas Republik Irlandia berkat kontribusi gol Olivier Giroud 6 menit menjelang turun minum dan Nabil Fekit 3 menit berikutnya.

Sementara itu di Stadion Municipal Braga di Portugal, tuan rumah yang tampil tanpa Cristiano Ronaldo yang baru membela Real Madrid mengalahkan Liverpool di final Liga Champions Eropa, dipaksa imbang sesama kontestan Piala Dunia Tunisia dengan skor 2-2.

Tuan rumah yang ditukangi pelatih Fernando Santos sempat unggul 2-0 lewat sumbangsih gol-gol Andre Silva (22’) dan Joao Mario (34’), tetapi dibalas dua gol pula lawannya yang datang dari utara Afrika itu melalui Anice Badri (39') dan Fakhreddine Ben Youssef (64').

Dalam uji coba di Stadion Kybunpark di St. Gallen, Swiss, kembalinya Mario Balotelli ke Timnas Italia—yang gagal lolos ke putaranb final Piala Dunia untuk pertama kali sejak 1958—ditandai dengan dua golnya ke gawang Arab Saudi pada menit ke-21 dan 68.

Satu-satunya gol Arab Saudi—di Rusia berada di Grup A bersama Uruguay, Mesir, dan tuan rumah—hanya mampu membherikan sebiji gol balasan 3 menit kemudian lewat kontribusi Yahya Al-Shehri sehingga skor akhir 2-1 untuk Italia.

Kekalahan 1-2 juga diderita kontestan Piala Dunia lainnya wakil dari Asia, Iran, dari Turki yang tak lo,los ke putaran final Piala Dunia 2018.

Bertarung di Stadion Fatih Terim di Istanbul, tuan rumah Turki mendapatkan dua golnya dari penyerang Everton Cenk Tosun pada menit ke-6 dan 50, sedangkan satu-satunya gol balasan Iran didapat lewat titik penalti pada injury time babak kedua yang dieksekusi Ashkan Dejagah.

Hanya Korea Selatan satu-satunya wakil Asia yang berhasil memetik kemenangan yakni atas Hon suras, yang gagal ke Rusia, dengan skor 2-0.

Bermain di Stadion Daegu, tuan rumah Korsel menghasilkan dua golnya melalui Sonb Heung-min (60’) dan Moon Seon-min 12 menit berikutnya.

Hasil uji coba tim-tim Piala Dunia 2018 yang berakhir pada Selasa dini hari WIB: Korsel 2vs Honduras 0; Nigeria 1 vs Republik Demokratik Kongo (eks-Zaire) 1; Turki 2 vs Iran 1; Italia 2 vs Arab Saudi 1; Portugal 2 vs Tunisia 2; Prancis 2 vs Republik Irlandia 0.

Sumber : Reuters & Soccerway

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top