Miliarder TV Kabel Bakal Bangkitkan Kembali Klub Cosmos

Salah satu klub paling terkenal dalam olahraga Amerika Utara, New York Cosmos, kini berada pada kondisi terpuruk di dunia sepak bola.
Rinaldi Azka | 24 Mei 2018 21:09 WIB
Pele alias Edson Arantes do Nascimento, legenda sepak bola dunia yang pernah memperkuat klub New York Cosmos. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu klub paling terkenal dalam olahraga Amerika Utara, New York Cosmos, kini berada pada kondisi terpuruk di dunia sepak bola. Klub divisi empat itu bermain di lapangan sekolah yang ditinggalkan, tidak diinginkan, dan terlupakan.

Pada 29 April lalu, tim yang menarik royalti sepak bola seperti Pele dan Franz Beckenbauer ini membuka musim National Premier Soccer League (NPSL) mereka dengan kemenangan 4-0 atas Boston City FC di depan segelintir penonton di Sekolah Tinggi Katolik Malden.

Ini menandai sebagai kondisi terendah dalam pasang surut tim yang secara rutin bermain di depan 70.000 penonton pada 1970-an itu dan membawa perhatian dunia ke Liga Sepak Bola Amerika Selatan pertama saat masa kejayaannya.

Walaupun begitu, miliarder tv kabel, Rocco Commisso melihat adanya sisa nilai dari Cosmos untuk membeli mayoritas sahamnya pada 2017.

Ia berambisi tidak hanya membangkitkan kembali liga yang telah mati dan keuntungan yang berkibar, lebih jauh akan memutar kompetisi yang memberlakukan promosi dan degradasi.

 

Sumber : Reuters

Tag : Pele, mls
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top