Liga 3 Wanita Ditargetkan Bergulir Tahun Depan

PSSI menargetkan kompetisi profesional sepak bola wanita Liga 3 bergulir pada 2019 untuk merespons permintaan sejumlah daerah.
Newswire | 11 Desember 2017 16:08 WIB
Logo PSSI - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, PALEMBANG - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menargetkan kompetisi profesional sepak bola wanita Liga 3 bergulir pada 2019 untuk merespons permintaan sejumlah daerah.

Anggota Exco PSSI Papat Yunisal mengatakan sebenarnya PSSI sudah berminat untuk menggelar pada 2018, namun terkendala belum terbentuknya Asosiasi Sepak Bola Wanita.

"Kini asosiasinya sudah terbentuk, baru saja di Palembang pada 8 Desember lalu. Semoga saja dengan terbentuknya wadah ini, rencana menggelar kompetisi profesional bisa diwujudkan," kata Papat di Palembang, Sumatra Selatan, pada Senin (11/12/2017).

Selain itu, kendala lain mengapa tidak bisa dilaksanakan tahun mendatang, yakni sudah terdapat sejumlah agenda kompetisi internasional yang harus diikuti Timnas pada 2018.

PSSI diminta menyiapkan Timnas putri untuk Piala AFF (Asean Football Federation) pada Maret dan Tim Asian Games untuk bertanding pada Agustus 2018.

"Saat ini PSSI sedang menyeleksi atlet untuk memperkuat Timnas di Piala Pertiwi yang saat ini sedang berlangsung," ujar Papat.

Sepak bola wanita tergolong minim kompetisi meski beberapa provinsi di Indonesia serius membina atletnya.

Pada 2017 hanya ada satu kompetisi yakni Piala Pertiwi yang khusus digelar untuk tes event Asian Games XVIII.

Jika tidak ada Piala Pertiwi, artinya tidak ada kompetisi sama sekali sehingga peluang tersisa hanya pada Pekan Olahraga Nasional yang bergulir setiap 4 tahun sekali.

Ketua Asprov PSSI Sumsel Musni Wijaya mengatakan Sumsel sangat berminat untuk berkompetisi profesional karena telah memiliki klub Persimura yang dibina oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

"Namun jika tidak ada kompetisinya, sulit untuk melakukan pembinaan berkesimbungan," ujarnya.

Sumber : Antara

Tag : pssi, Liga 3
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top