Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Striker Paraguay Santa Cruz Pensiun dari Timnas

Penyerang Paraguay Roque Santa Cruz, veteran tiga Piala Dunia, pada Selasa (8/11/2016) mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari sepak bola internasional setelah pertandingan kualifikasi mereka melawan Peru dan Bolivia.
Roque Santa Cruz./REUTERS
Roque Santa Cruz./REUTERS

Bisnis.com, ASUNCION - Penyerang Paraguay Roque Santa Cruz, veteran tiga Piala Dunia, pada Selasa (8/11/2016) mengumumkan bahwa ia akan pensiun dari sepak bola internasional setelah pertandingan kualifikasi mereka melawan Peru dan Bolivia.

Pemain 35 tahun itu, yang kembali ke klub tempat ia memulai karirnya Olimpia, dimasukkan dalam skuad pelatih Francisco Arce untuk pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Peru di Asuncion pada Kamis (10/11/2016), dan pertandingan tandang di markas Bolivia di La Paz pada Selasa mendatang.

"Dengan pemanggilan ini, saya mengakhiri masa bakti saya di tim nasional," kata Santa Cruz kepada para pewarta setelah latihan tim pada Selasa.

"Ini adalah keputusan yang sulit diambil namun harus diambil pada satu titik... Menurut saya inilah saatnya untuk hanya mendedikasikan diri saya kepada klub saya," kata Santa Cruz, pencetak gol terbanyak Paraguay dengan 32 gol dari 111 penampilannya bersama timnas.

"Saya senang dapat pensiun saat saya merasa saya masih cukup bagus untuk bermain," tambah Santa Cruz, yang telah bermain untuk sejumlah klub termasuk Bayern Munich, Manchester City, Blackburn Rovers, Real Betis, Malaga, dan Cruz Azul.

Ia mengatakan dirinya akan gembira untuk dapat bermain pada dua pertandingan kualifikasi namun keputusan akhir diserahkan kepada Arce, yang merupakan rekannya di timnas pada Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan.

"Kami merupakan sosok yang matang dan profesional dan mengerti bahwa kebutuhan sepak bola (lebih penting) dibandingkan saya akan memainkan pertandingan terakhir saya atau tidak," kata Santa Cruz.

Paraguay, yang gagal mencapai putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil, menduduki peringkat ketujuh di grup Amerika Selatan yang berisi sepuluh negara dengan koleksi 15 angka dari sepuluh pertandingan, tertinggal enam angka dari pemuncak klasemen Brazil.

Empat tim teratas lolos ke putaran final di Rusia, sedangkan tim peringkat kelima akan memainkan pertandingan playoff antar benua.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper