Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONGRES PSSI: Mandat Hinca Sebagai Plt Ketua Umum Dicabut

Pertarungan soal tempat Kongres PSSI kian ramai. Kelompok 85 yang merupakan kumpulan pemilik suara PSSIkini mencabut mandat Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan.
Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan (kiri)/Antara-Akbar Nugroho Gumay
Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan (kiri)/Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Pertarungan soal tempat Kongres PSSI kian ramai. Kelompok 85 yang merupakan kumpulan pemilik suara PSSIkini mencabut mandat Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan.

Kelompok 85 ini juga mengirim surat ke FIFA seperti yang juga dilakukan PSSI dan Kemenpora. Bedanya adalah subyeknya yaitu menarik mandat kepada Plt Ketum PSSI Hinca Panjaitan serta anggota Exco lainnya.

"Mau direspon atau tidak, hak kami yang punya suara. Mereka itu duduk di situ karena kami dan sekarang mandat itu kita tarik karena tidak mendengar suara mayoritas voters (pemilik suara)," kata juru bicara Kelompok 85 GH Sutejo, di Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Kelompok 85 merupakan kelompok yang terus memberikan dukungan kepada pemerintah termasuk dalam menetapkan lokasi kongres yaitu di Jakarta. Jika PSSI akan mengikuti arahan dari pemerintah, GH Sutejo mengaku akan ada pertimbangan lain termasuk tidak akan mencabut mandat.

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengaku tidak terkejut dengan keputusan PSSI yang akan tetap melaksanakan Kongres PSSI dengan agenda utama pemilihan di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (17/10/2016).

Menurut Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S Dewa Broto PSSI sejak pertemuan Rabu (12/10) menegaskan jika perubahan lokasi kongres akan diputuskan pada rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Kamis malam (13/10) dan hasilnya memang tetap di Makassar.

Padahal pada pertemuan di Kemenpora yang dihadiri Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan, Sekjen Azwan Karim dan Ketua Komite Pemilihan Agum Gumelar itu ada rencana lokasi kongres dipindah ke Jakarta.

"Ketidak terkejutnya Kemenpora ini adalah juga karena Kemenpora tidak ingin PSSI melanggar statunya sendiri, karena sesuai statuta PSSI, maka perpindahan tempat dimungkinkan paling tidak dengan pemberitahuan delapan pekan sebelumnya," katanya, di Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Menurut dia, keputusan PSSI tetap menggelar kongres di Makassar merupakan hak sepenuhnya PSSI. Namun demikian, rekomendasi Kemenpora sebagaimana suratnya yang ditujukan ke Kapolri per 12 Oktober hanya untuk rekomendasi pelaksanaan kongres di Jakarta.

Atas kondisi tersebut, kata Gatot, pihak kepolisian kemungkinan besar tidak akan memberikan izin untuk kegiatan Kongres PSSI di Makassar meski kongres tersebut akan dihadiri perwakilan dari FIFA dan AFC.

Namun demikian, demi menjelaskan dengan polemik yang terjadi pada kondisi menjelang kongres, Kemenpora juga mengirimkan surat ke FIFA. Surat yang dikirimkan hari tersebut untuk memberikan keterangan berimbang termasuk gambaran saat terjadi pertemuan antara Kemenpora dan PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper