Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Roberto Martinez Jadi Pelatih Timnas Belgia

Belgia menunjuk mantan pelatih Everton, Wigan Athletic, dan Swansea City Roberto Martinez Montoliu sebagai pengganti Marc Wilmots untuk menukangi timnas negara tersebut.
Roberto Martinez/Reuters-Andrew Yates
Roberto Martinez/Reuters-Andrew Yates

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Sepak Bola Belgia (Koninklijke Belgische Voetbalbond/KBVB) menunjuk mantan pelatih Everton, Wigan Athletic, dan Swansea City Roberto Martinez Montoliu sebagai pengganti Marc Wilmots untuk menukangi timnas negara tersebut.

Belgia, tim terkuat di Eropa saat ini dengan menempati posisi kedua dalam ranking FIFA (Federation Internationale de Football Association) di bawah Argentina, memecat Wilmots setelah dia gagal membawa negaranya juara di Piala Eropa (Euro) 2016 setelah kalah dari Wales di perempat final.

“KBVB memutuskan menunjukkan pelatih asal Spanyol Roberto Martinez. KNVB senang dan bangga bisa mendapatkan pelatih sekaliber Martinez untuk tim nasional kita,” demikian pernyataan resmi asosiasi tersebut pada Kamis pagi WIB (4/8/2016).

Pelatih berpaspor Spanyol berusia 43 tahun itu segera diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih Belgia. Penunjukannya mengejutkan sebab tanpa awalan sama sekali, bahkan mantan gelandang bertahan Wigan Athletic dan Swansea City itu erat dikaitkan dengan Hull City yang baru ditinggalkan Steve Bruce.

Martinez dipecat Everton pada Mei lalu setelah melalui musim yang membuat frustrasi dengan klub Merseyside tersebut finis di posisi ke-11 di pentas Liga Primer Inggris.

Dia tiba di Goodison Park, markas Everton, setelah mengantarkan Wigan Athletic menjadi juara Piala FA (Football Association) pada 2013, yang dipandang sebagai kejutan terbesar dalam sejarah kompetisi tersebut.

Martinez, menurut KBVB, akan merasa terhormat bekerja sama dengan sekumpulan pemain berbakat di skuat berjuluk Iblis Merah. Bagaimana pun, Martinez belum berpengalaman melatih di luar Inggris dan Belgia menjadi timnas pertama yang ditanganinya.

Belgia memang dipenuhi pemain hebat dan bisa disebut terbaik sepanjang sejarah sepak bola negara itu. Di tim itu kini terdapat nama-nama seperti Eden Hazard, Kevin de Bruyne, Thibaut Courtois, dan Romelu Lukaku.

Martinez akan memulai tugasnya ketika Belgia menjalani pertandingan uji coba di Brussels dengan menjamu Spanyol pada 1 September 2016 sebagai bagian dari persiapan menghadapi Pra-Piala Dunia 2018 Rusia.

Timnas Belgia berada di Grup H dalam Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa bersama Bosnia-Herzegovina, Yunani, Estonia, Siprus, dan Gibraltar. Belgia bertandang ke Siprus pada 6 September 2016 dalam laga perdana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper