Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pra-Piala Afrika: Mesir Segera Lolos, Nigeria Tersingkir

Juara bertahan Piala Afrika Mesir merupakan salah satu tim besar yang tengah di ambang lolos kualifikasi ajang ini pada Selasa, namun juara 2013 Nigeria tersingkir.
Pierre-Emerick Aubameyang, ujung tombak Timnas Gabon, tuan rumah Piala Afrika 2017/Reuters-Ina Fassbender
Pierre-Emerick Aubameyang, ujung tombak Timnas Gabon, tuan rumah Piala Afrika 2017/Reuters-Ina Fassbender

Bisnis.com, JAKARTA - Juara bertahan Piala Afrika Mesir merupakan salah satu tim besar yang tengah di ambang lolos kualifikasi ajang ini pada Selasa, namun juara 2013 Nigeria tersingkir dan harapan-harapan Afrika Selatan (Afsel) untuk mengikuti putaran final tahun depan mendapat ancaman.

Juara tujuh kali Mesir hanya memerlukan satu angka lagi setelah pemain muda Ramadhan Sobhi membawa mereka menang 1-0 atas Nigeria di Alexandria, dan membuat "Elang-elang Super" gagal mengikuti turnamen ini untuk kedua kalinya.

Tembakan mendatar dari Sobhi pada menit ke-65 membuat Mesir hanya memerlukan hasil imbang dari pertandingan terakhir mereka di kualifikasi melawan Tanzania pada Juni, untuk kembali ke putaran final setelah absen pada tiga kompetisi terakhir.

Nigeria, yang tertinggal lima angka di Grup G dengan satu pertandingan yang belum dimainkan, akan absen pada putaran final 2017 di Gabon seperti yang mereka alami di Guinea Equatorial tahun lalu setelah menjuarai edisi 2013 di Afsel.

Senegal juga memerlukan satu angka dari dua pertandingan terakhirnya setelah unggul enam angka di Grup K dengan kemenangan 2-1 di Niger, di mana Moussa Konate dan Pape Ndiaye mencetak gol bagi tim tamu.

Dua gol dari Youssef El Arabi membawa Maroko hanya terpaut satu angka dengan putaran final setelah menang 2-0 atas Cape Verde di Marrakech. Mereka mempertahankan rekor 100 persennya di Grup F dengan mengalahkan tim peringkat teratas benua itu untuk kedua kalinya.

Aljazair bangkit dari tertinggal satu gol untuk bermain imbang 3-3 melawan Ethiopia.

Penalti di menit ke-85 yang dikonversi bek Faouzi Ghoulam membawa mereka berbagi angka di Addis Ababa, dan membawa mereka unggul lima angka di Grup J dengan dua putaran pertandingan yang masih harus dimainkan.

Kamerun semakin dekat untuk lolos dengan hasil imbang tanpa gol di Durban melawan Afrika Selatan, yang masih tanpa kemenangan setelah memainkan empat pertandingan di Grup M dan kelihatannya menghadapi eliminasi.

"Kami berharap untuk menang untuk membuat posisi kami lebih anan, namun ini merupakan hasil yang bagus," kata pelatih Kamesun Hugo Broos.

Liberia memuncaki klasemen Grup A setelah menang 5-0 atas Djibouti, sedangkan Republik Demokratik Kongo merupakan pemuncak klasemen Grup B setelah mengalahkan Angola dengan skor 2-0, melalui gol-gol Joel Kimwaki dan Jonathan Bolingi pada babak kedua.

Guinea membangkitkan harapan-harapan mereka dengan menang 2-1 di Malawi, namun Togo gagal memaksimalkan kembalinya penyerang Emmanuel Adebayor ke tim mereka dan ditahan imbang 0-0 oleh tamunya Tunisia.

Putaran kualifikasi selanjutnya akan berlangsung pada Juni, yang diikuti oleh penyisihan pada September. Tuan rumah Gabon akan bergabung dengan 13 juara grup kualifikasi dan dua runner up terbaik."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Anrtara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper