Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA SUPER SPANYOL: Barcelona Menang di Bilbao? Head to Head, Susunan Pemain

FC Barcelona segera memasuki perjalanan berburu trofi kelima sepanjang tahun ini dengan melakoni laga leg pertama Piala Super Spanyol (Supercopa Espana) di markas Athletic Bilbao, Stadion San Mames Barria di Kota Bilbao, Basque.
   /Footballwood.com
/Footballwood.com

Bisnis.com, JAKARTA - FC Barcelona segera memasuki perjalanan berburu trofi kelima sepanjang tahun ini dengan melakoni laga leg pertama Piala Super Spanyol (Supercopa Espana) di markas Athletic Bilbao, Stadion San Mames Barria di Kota Bilbao, Basque.

Dengan kekuatan trio maut asal Amerika Selatan di lini depan yang diisi oleh Lionel Messi, Neymar da Silva Jr., dan Luis Suarez, sangat layak apabila Barca diunggulkan bakal memenangi skor agregat pertandingan dua leg ini.

Pertandingan leg pertama di Stadion San Mames dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (15/8/2015) mulai pk. 03:00 WIB, sedangkana laga leg kedua digeber di Stadion Camp Nou, markas Barca, pada Selasa (18/8/2015) juga dimulai pk. 03:00 WIB.

Sayangnya, kedua pertarungan yang diprediksi bakal berlangsung sengit dan panas itu sejauh ini belum mendapatkan komitmen untuk disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi di Indonesia, baik yang berbayar ataupun tidak.

Barca menjalani pertandingan perebutan trofi Piala Super Spanyol ini dengan status sebagai juara Divisi Primer La Liga Spanyol musim 2014-2015. Sedangkan Bilbao maju ke laga dua leg ini dengan status runner up Piala Raja Spanyol (Copa del Rey).

Seharusnya pertandingan perebutan trofi Piala Super Spanyol mempertemukan tim juara La Liga dengan juara Copa del Rey. Tetapi, oleh karena juara Copa del Rey juga adalah Barcelona, maka Bilbao yang menggantikannya.

Laga terakhir kedua tim ini di final Copa del Rey pada akhir Mei lalu berjalan panas dengan berkesudahan 3-1 untuk Barca. Dalam laga di Stadion Nou Camp ketika itu Neymar sempat menjadi sasaran kemurkaan para pemain Bilbao yang tidak senang dengan caranya memelintir bola dan melambungkan bola melewati bek Bilbao ketika laga hampir usai dan Barca sudah unggul 3-1.

Namun, ada kemungkinan Neymar dalam laga leg pertama ini tidak diturunkan oleh pelatih Luis Enrique karena belum diketahui apakah memang telah sembuh dari penyakit gondok. Neymar juga tidak main saat Barca menang 5-4 atas Sevilla di laga perebutan Piala Super Eropa di Tbilisi, Georgia, pekan lalu.

Sisi lain yang menarik diangkat dalam pertemuan kedua tim ini ialah sama-sama berasal dari wilayah yang selalu mengumandangkan perjuangan secara politik untuk merdeka dan lepas dari kekuasaan monarki Spanyol.

Bilbao, ibu kota Basque, adalah wilayah berbahasa Prancis, bukan Spanyol. Bahkan nama-nama pemain Bilbao pun tidak menyerupai dengan lazimnya orang-orang Spanyol. Begitu juga Katalan, wilayah di mana Barcelona berada, selalu menyuarakan pelepasan diri dari Madrid, ibu kota Spanyol.

Bagaimana pun, laga keduanya tetap memunculkan Barca sebagai kandidat kuat sebagai pemenang laga dua leg meskipun boleh jadi dalam leg pertama akan menemui kesulitan di Stadion San Mames Barria. Namun, tetap saja Barca berpeluang memetik 3 angka di kandang lawan, mengingat pertemuan terakhir di markas Bilbao, Barca menang dengan skor telak 5-2.

Bukan hanya itu, data juga menunjukkan Barcelona telah memenangi 14 pertemuan kedua tim dari 27 pertemuan di San Mames. Artinya, peluang Barca untuk menekuk Bilbao di kandangnya adalah lebih dari 50 persen, tepatnya 51,85 persen.

Head to head:

31/05/2015   Barcelona 3 vs Athletic Bilbao 1 (final Copa del Rey)

09/02/2015   Athletic Bilbao 2 vs Barcelona 5 (Divisi Primer La Liga)

13/09/2014   Barcelona 2 vs Athletic Bilbain 0 (Divisi Primer La Liga)

21/04/2014   Barcelona 2 vs Athletic Bilbao 1 (Divisi Primer La Liga)

Perkiraan susunan pemain:

Bilbao: Iraizoz, De Marcos, Etxeita, Laporte, Balenziaga, San Jose, Gurpegi, Susaeta, Benat, Sabin, Aduriz.

Barcelona: Bravo, Alves, Pique, Mascherano, Adriano, Rakitic, Busquets, Iniesta, Messi, Suarez, Pedro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper