HASIL GOLD CUP 2015: Jamaika Buka Peluang Lolos ke 8 Besar

Jamaika membuka peluang lolos ke 8 besar Gold Cup (Piala Emas) 2015 setelah menundukkan Kanada dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan Grup A di Stadion BBVA Compass di Houston, Amerika Serikat, pada Minggu pagi WIB (12/7/2015).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 12 Juli 2015  |  12:18 WIB
HASIL GOLD CUP 2015: Jamaika Buka Peluang Lolos ke 8 Besar
Para pemain Kosta Rika merayakan gol yang dicetak Bryan Ruiz (10, tengah) ke gawang El Salvador - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Jamaika membuka peluang lolos ke 8 besar Gold Cup (Piala Emas) 2015 setelah menundukkan Kanada dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan Grup A di Stadion BBVA Compass di Houston, Amerika Serikat, pada Minggu pagi WIB (12/7/2015).

Kemenangan Jamaika ditentukan oleh gol yang dikontribusi Rodolph Austin pada injury time babak kedua. Austin melepas sundulan kepala dengan keras dari jarak dekat dengan menyambar umpan lambung dari sisi kiri wilayah pertahanan Kanada.

Sementara itu dalam pertandingan lainnya tim unggulan Kosta Rika dengan dipaksa bermain imbang dengan skor 1-1 oleh El Salvador. Sebenarnya Kosta Rika telah unggul 1-0 hingga waktu reguler 2 x 45 menit selesai, namun kemenangan di depan mata lepas karena kebobolan pada injury time.

Ujung tombak Kosta Rika Bryan Ruiz mencetak gol pembuka pada menit ke-61 melalui tendangan keras mendatar dari sudut sempit ke tiang kanan dekat gawang El Salvador yang dikawal oleh kiper Derby Carrillo.

Ruiz, yang juga kapten Timnas Kosta Rika, berhasil mendapatkan bola tersebut dari umpan lambung yang sebenarnya perlahan saja dilepas oleh Alvaro Saborio dan gagal disapu bek El Salvador Alexander Mendoza, skor 1-0.

Namun pada injury time pemain pengganti Dustin Corea Garay menggagalkan kemenangan Kosta Rika. Dia hanya menyontek perlahan umpan lambung tendangan bebas Arturo Alvarez ke sudut kiri bawah gawang Kosta Rika yang dijaga kiper kedua Esteban Alvarado.

Penjaga gawang utama Kosta Rika adalah Keylor Navas, yang mampu melakukan belasan penyelamatan gemilang sepanjang Piala Dunia 2014 di Brasil, namun kali ini tidak termasuk skuat yang dibawa pelatih Paulo Wanchope ke AS karena tumitnya sedang bermasalah.

Dengan hasil dua pertandingan matchday kedua tersebut, Jamaika memimpin dengan koleksi nilai 4, Kosta Rika dan El Salvador masing-masing menduang nilai 2, dan Kanada di dasar klasemen dengan nilai 1.

Secara matematis belum ada satu pun kontestan di Grup B yang memastikan lolos ke 8 besar, meskipun faktanya Jamaika menjadi tim yang berpeluang paling besar untuk melaju ke perempat final, setidaknya dengan status sebagai salah satu dari dua tim peringkat ketiga terbaik di antara tiga grup.

Gold Cup merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Turnamen ini digelar sejak 1991 untuk menggantikan Kejuaraan Concacaf.

AS selalu menjadi tuan rumah dengan pertimbangan mampu menyediakan fasilitas terbaik. Hanya saja, pada edisi 1993 dan 2003 AS menjadi tuan rumah bersama Meksiko dan untuk tahun ini terdapat dua pertandingan yang digelar di Toronto, Kanada.

Meksiko merupakan tim yang meraih gelar juara terbanyak di pentas Gold Cup yakni enam kali. AS mengikuti dengan lima kali, dan Kanada satu kali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Timnas Jamaika, Timnas Kosta Rika

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top