Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEPP BLATTER MUNDUR: Ini Daftar Calon Presiden FIFA

Wakil Presiden Fdration Internationale de Football Association (FIFA) David Gill berpeluang menggantikan Presiden Sepp Blatter yang memutuskan mundur dari jabatannya.
David Gill/Mirror.co.uk
David Gill/Mirror.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA-- Wakil Presiden Fédération Internationale de Football Association (FIFA) David Gill berpeluang menggantikan Presiden Sepp Blatter yang memutuskan mundur dari jabatannya.

Gill, yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Federasi Sepak Bola Inggris (FA), terpilih sebagai Wakil Presiden FIFA dalam Kongres FIFA pekan lalu.

Tak lama setelah mendapat jabatan baru, dia malah ingin mundur lantaran tak setuju Sepp Blatter terpilih kembali sebagai Presiden FIFA. Hingga kini belum ada pernyataan pengunduran diri resmi dari Gill.

Melihat peluang yang besar menggantikan posisi Blatter, mantan Kepala Eksekutif Manchester United (MU)  itu tampaknya bakal menarik ucapannya.

Dengan diplomatis Gill menyambut baik berita tentang pengunduran diri Blatter hari ini, Rabu (3/6/2015).

"Ini langkah maju bagi FIFA untuk menuju reformasi yang tepat,” katanya, seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Berpeluang

Secara struktural, David Gill memang berpeluang menggantikan Blatter.

Ada nama-nama top lain yang bisa saja menggeser Gill. Pada barisan pertama ada Pangeran Ali bin Al-Hussein dan Presiden Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa (UEFA) Michel Plattini.

Dua nama ini paling santer terdengar mengisi posisi Blatter. Bahkan Pangeran Ali merupakan lawan utama Blatter dalam pemilihan Presiden FIFA pada kongres pekan lalu.

Plattini merupakan sosok yang cukup keras menentang Blatter menjadi Presiden FIFA untuk kelima kalinya. Sebagai Presiden UEFA, mantan pemain Juventus itu sudah menjabat selama delapan tahun. Sejumlah nama lain yang menjadi calon kuat ialah Wolfgang Niersbach, Presiden Federasi Sepak Bola Jerman; Jerome Champagne; Jim Boyce; Alfredo Hawit; Michael van Praag; dan David Ginola.

Dalam konferensi pers di Zurich, Selasa (2/6/2015) malam sampai Rabu (3/6/2015) dinihari, Sepp Blatter mengatakan akan mundur sebagai Presiden FIFA di tengah skandal korupsi yang mengguncang induk sepak bola dunia itu.

Pria asal Swiss berusia 79 tahun itu juga meminta digelar kongres luar biasa secepat mungkin untuk memilih presiden baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper