Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

QNB LEAGUE: PBR Pakai Stadion Patriot Tunggu Payung Hukum

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menginstruksikan agar payung hukum pemanfaatan Stadion Patriot di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, segera dirampungkan oleh pihak terkait.
Pelita Bandung Raya (PBR) saat peresmian merger dengan Persipasi Kota Bekasi menjadi Persipasi Bandung Raya/Antara-Suwandi
Pelita Bandung Raya (PBR) saat peresmian merger dengan Persipasi Kota Bekasi menjadi Persipasi Bandung Raya/Antara-Suwandi

Bisnis.com, BEKASI - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menginstruksikan agar payung hukum pemanfaatan Stadion Patriot di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, segera dirampungkan oleh pihak terkait.

"Dinas (Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata, red) Kota ini selaku pengelola harus segera mempercepat implementasi aturan pemanfaatan stadion," katanya di Bekasi, Senin.

Instruksi tersebut disampaikannya menyusul adanya kepentingan pihak lain dalam pemanfaatan stadion yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan lanjutan.

Percepatan pembahasan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkot Bekasi dalam memfasilitasi kebutuhan kesebelasan Pelita Bandung Raya (PBR) yang berniat bermarkas di Kota Bekasi pascamerger dengan Persipasi dan menjadi Persipasi Bandung Raya.

"Kalau bisa minggu-minggu ini juga dirampungkan aturannya. Saya siap dilibatkan untuk memimpin rapat pembahasannya jika diperlukan," kata Rahmat.

Dalam aturan tersebut, kata dia, nantinya ikut dibahas mengenai tarif sewa yang dibebankan kepada pihak ketiga, termasuk bagi manajemen PBR jika bermaksud memergunakan Stadion Patriot.

Tarif sewa itu berlaku baik untuk kepentingan latihan maupun menggelar pertandingan sepak bola di lokasi stadion bernilai Rp400 miliar itu.

Tarif sewa yang dibebankan itu sudah termasuk sewa atas fasilitas parkir, pengelolaan tiket pertandingan, dan lainnya.

Adapun yang menjadi dasar penentuan besar tarif sewa tersebut ditentukan oleh sejumlah komponen, mulai dari kelayakan konstruksi stadion, kebutuhan operasional perawatan, dan lainnya.

"Nanti turut dilibatkan konsultan independen untuk mendapat angka yang proporsional hasil dari perhitungan berbagai komponen tersebut," katanya.

Menurut dia, kerja sama dengan PBR yang merupakan peserta Liga Super Indonesia tidak sekadar mendatangkan kebanggaan, tapi juga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan.

Pendapatan tambahan yang dimaksud berupa pemasukan dari tarif sewa, juga dari pajak penyelenggaraan pertandingan serta sponsor.

Menurut dia, selama peraturan tersebut masih dibahas, PBR belum boleh menggunakan Stadion Patriot meskipun untuk kepentingan latihan. "Tunggu payung hukumnya selesai dulu, baru silakan dimanfaatkan.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper