Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BARCELONA VS ELCHE: Laga Formalitas Berujung Kemenangan Telak Lagi

Barcelona agaknya bakal menang lagi saat bertamu ke markas Elche di leg kedua babak 16 besar Piala Raja Spanyol (Copa del Rey) yang digelar pada Jumat WIB (16/1/2015) mulai pk. 04:00 WIB.
Dua andalan FC Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Gerard Pique/Reuters-Heino Kalis
Dua andalan FC Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Gerard Pique/Reuters-Heino Kalis

Bisnis.com, JAKARTA - FC Barcelona agaknya bakal menang lagi saat bertandang ke markas Elche di leg kedua babak 16 besar Piala Raja Spanyol (Copa del Rey) yang akan digelar pada Jumat WIB (16/1/2015) mulai pk. 04:00 WIB.

Krisis memang sempat melanda Blaugrana. Hubungan pelatih Barcelona Luis Enrique dengan pemain bintang Lionel Messi berjalan kurang harmonis. Kemenangan lawan Elche dalam pertandingan yang akan disiarkan secara langsung oleh MNC TV itu adalah obat mujarab untuk mengendurkan tensi tinggi itu.

Laga leg kedua ini bisa disebut sekadar formalitas, mengingat di leg pertama di Nou Camp Messi dkk. telah menang dengan skor telak 5-0. Jadi, kalah 0-4 pun di leg kedua tidak memengaruhi lolosnya Barca ke 8 besar. Tapi, sulit dibayangkan Elche bisa menang telak atas Barca, sekalipun Barca menurunkan skuat lapis kedua.

Lini pertahanan Elche yang diasuh oleh pelatih Fran Escriba itu perlu ekstra kuat menghadapi lini depan Barcelona yang cepat dan trengginas. Di leg pertama, Neymar mencetak dua gol, Suarez mencetak gol, sedangkan sisanya diceploskan oleh Jordi Alba.

Serangkaian penampilan Barcelona musim kompetisi ini mengalami pasang surut. Fans kontan mengarahkan pandangan dan melontarkan cibiran kepada Enrique.

Tekanan datang bertubi-tubi, sampai-sampai tersebar rumor mengenai pemecatan Enrique dari Barca, bahkan Messi banyak disebut-sebut bakal hengkang ke Liga Primer Inggris.

Aneka komentar fans sejati Barca demikian memerahkan telinga dan cenderung memojokkan Enrique. Kemenangan 5-0 atas Elche boleh jadi merupakan kebangkitan Barca dari krisis yang mendera selama ini.

Tidak ada argumen yang dapat menyangkal bahwa rataan kualitas pemain Barca jauh melampaui Elche. Menang 3-1 atas Los Colchoneros tentu saja mendongkrak kepercayaan diri kubu Barca.

Kalau diturunkan secara langkap, trio MNS (Messi, Neymar, dan Suarez) bakal menjadikan lini pertahanan Elche kalang kabut. Bukan tidak mungkin Enrique menurunkan Barcelona B.

Dalam sesi latihan pada Rabu (14/1), Enrique memboyong dan menyertakan enam penggawa Barca B, yakni Munir El Haddadi Mohammed (19 tahun), Adama Traore (18), Alen Hallovic (18), Sergi Samper (19), Edgar Ie (20) dan Gerrard Gumbau (20).

Pasukan Elche perlu mewaspadai kecepatan trio MNS. Aksi ketiganya tentu saja ingin disaksikan fans Barca. Kekuatan dan kecepatan Barca B tidak dapat dipandang sebelah mata.

Bagaimana dengan Elche? Manajer Escriba hendaknya tidak melakukan eksperimen dengan berbekal formasi 3-5-2, meski masih harus melihat kekuatan timnya, terlebih ketangguhan dari lini bek tengah yang tidak jarang lamban dalam mengantisipasi pergerakan barisan depan lawan.

Elche banyak mengandalkan kecepatan pemain depannya bernama Jonathas. Ia striker andalan yang menorehkan prestasi sebagai pemain terbaik di timnya musim ini. Dalam laga-laga yang lalu, Elche kerapkali memainkan formasi 4-2-3-1, meski tidak terlihat kreativitas di lini gelandang. Mereka cenderung tampil ke dalam, kurang berani keluar menyerang.

Jonathas yang asal Brasil itu telah mencetak tujuh gol dan membuat lima assist dalam 17 pertandingan di ajang La Liga, menurut catatan WhoScored.com.

Prakiraan susunan pemain:

* Elche (4-4-2):

Tyton (penjaga gawang), Cisma, Lomban, Roco, Suarez, Coro, Pasalic, Pellegrin, Fajr, Herrera, Jonathas

Pemain cadangan:

Angel, Rodriguez, Adrian, Aaron, Albacar, Pol, Fragapane

* Barcelona (4-3-3):

Ter Stegen (penjaga gawang), Montoya, Pique, Bartra, Adriano, Sergi, Mascherano, Rafinha, Messi, Suarez, Pedro

Pemain cadangan:

Masip, Alba, Rakitic, Busquets, Samper, Sandro, Munir  

Data dan fakta:

* Dalam empat pertemuan kedua tim, tercipta 12 gol.

* Elche tampil sebagai underdog manakala menghadapi sejumlah laga penting, meski jurang perbedaan kualitas menganga antara Elche dengan Barcelona.

* Hasil imbang agaknya realistis bagi Elche mengingat lawan yang dihadapi sekelas Barcelona yang punya sederet pemain dengan karakter sebagai predator gol.

* Elche tentu tidak ingin kemasukan lima gol tanpa balas, karena itu mereka kalau perlu keluar menyerang dengan memperkuat barisan pertahanan.

* Pergerakan Trio MNS perlu diwaspadai oleh barisan bek Elche. 

 Lima laga terakhir:

(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Elche: W L D L W

 

11/01/2015  Athletic Bilbao 1 - 2  Elche

08/01/2015  Barcelona 5 - 0 Elche

03/01/2015  Elche 2 - 2 Villarreal

21/12/2014  Elche 1 - 2 Málaga

18/12/2014  Elche 1 - 0 Real Valladolid

* Barcelona: W W L W W

11/01/2015 Barcelona 3 - 1 Atlético Madrid

08/01/2015 Barcelona 5 - 0 Elche

04/01/2015 Real Sociedad 1 - 0 Barcelona

20/12/2014 Barcelona 5 - 0 Córdoba

16/12/2014 Barcelona 8 - 1 Huesca

Head To Head:

 08/01/2015 Barcelona 5 - 0 Elche

24/08/2014 Barcelona 3 - 0 Elche

11/05/2014 Elche 0 - 0 Barcelona

05/01/2014 Barcelona 4 - 0 Elche.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper