Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Indonesia vs Kuba (29/3): Digelar Di Valencia, Spanyol (MNC TV)

Tim nasional Indonesia, yang dipersiapkan ke Piala AFF tahun ini, akan kembali melakukan uji coba kedua melawan Kuba, di Stadion Luis Sander Pico, Alzira, Valencia Spanyol, Sabtu (29/3). Setelah itu Timnas Garuda akan menghadapi salah satu klub La Liga yaitu Elche, Rabu (2/4/2014)
Tim nasional Kuba/www.footballmatchpreviews.com
Tim nasional Kuba/www.footballmatchpreviews.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional Indonesia, yang dipersiapkan ke Piala AFF tahun ini, akan kembali melakukan uji coba kedua dan kali ini akan melawan Kuba, di Stadion Luis Sander Pico, Alzira, Valencia Spanyol, Sabtu (29/3). Setelah itu Timnas Garuda akan menghadapi salah satu klub La Liga yaitu Elche, Rabu (2/4/2014).

Laga Persahabatan:

Indonesia vs Kuba, pukul 21.00 WIB, MNC TV

 

Tim nasional Indonesia, yang kini dilatih oleh Alfred Riedl, sebelumnya menang 1-0 dalam uji coba melawan tim nasional Andora di stadion tersebut, Rabu (26/3/2014). Berikut sedikit gambaran tentang tim nasional Indonesia dan Kuba, yang selama ini belum pernah bertemu:

Indonesia

alfred-riedl.jpg
alfred-riedl.jpg
Pada 1930-an, di Indonesia  berdiri tiga organisasi sepak bola berdasarkan suku bangsa, yaitu Nederlandsch Indische Voetbal Bond  (NIVB)  yang lalu berganti nama menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU)  pada  1936  milik bangsa Belanda, Hwa Nan Voetbal Bond (HNVB) milik seseorang yang berketurunan Tionghoa,  dan Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia  milik bumiputra.

Nederlandsch Voetbal Bond (NIVB)  sebuah organisasi sepak bola orang-orang Belanda di Hindia Belanda menaruh hormat kepada PSSI lantaran SIVB  yang memakai bintang-bintang dari NIVB  kalah dengan skor 2-1 melawan VIJ.

Sejarah mencatat mereka yang berangkat ke Piala Dunia Prancis 1938  mayoritas orang  Belanda. Mereka yang terpilih untuk berlaga di Prancis, yaitu Bing Mo Heng (kiper), Herman Zommers, Franz Meeng, Isaac Pattiwael, Frans Pede Hukom, Hans Taihattu, Pan Hong Tjien, Jack Sammuels, Suwarte Soedermadji, Anwar Sutan, dan Achmad Nawir (kapten).

Mereka diasuh oleh pelatih sekaligus ketua NIVU, Johannes Mastenbroek. Mo Heng, Nawir, Soedarmadji adalah pemain-pemain pribumi yang berhasil memperkuat kesebelasan Hindia Belanda, tetapi bertanding di bawah bendera kerajaan Nederland.

Setelah penampilan perdana itu, Indonesia tidak pernah lagi masuk babak pertama Piala Dunia FIFA, dengan hasil paling memuaskan adalah Sub Grup III Kualifikasi Piala Dunia FIFA 1986. Ketika itu Indonesia hampir lolos ke Piala Dunia 1986 tetapi Indonesia kalah di partai final kualifikasi melawan Korea Selatan dengan agregat 1-6. 

Tim nasional sepak bola Indonesia

Pelatih

Alfred Riedl

Asisten Pelatih

Wolfgang Pikal
Widodo Cahyono Putro

Kapten

Boaz Solossa

Penampilan terbanyak

Bambang Pamungkas (85)

Pencetak gol terbanyak

Bambang Pamungkas (37)

Kode FIFA

IDN

Peringkat FIFA

154 4

Peringkat FIFA tertinggi

75 (September 1998)

Peringkat FIFA terendah

170 (Oktober 2012)

Peringkat Elo

143

Peringkat Elo tertinggi

35 (November 1969)

Peringkat Elo terendah

155 (4 Desember 1995)



  • KUBA

Kuba bukan salah satu tim elite di Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (Concacaf), dari  Caribbean Zone (CFU). Mereka berada di bawah kekuatan a.l. Meksiko, AS, Kosta Rika, Honduras  yang lebih akrab tampil di piala dunia.

Kuba memainkan pertandingan sepak bola internasional pertama pada 16 Maret 1930  di zone Amerika Tengah dan Karibia Games. Mereka mengalahkan Jamaika (koloni Inggris ) 3-1 di Havana. Empat hari kemudian mereka mengalahkan Honduras 7-0.  Kuba tampil di Piala Dunia 1938  melawan Rumania  di Stade Chapou di Toulouse, pada  5 Juni 1938. Kuba menang 2-1. Di perempat final, Kuba kalah 8-0 dari Swedia di Stade du Fort Carre di Antibes, pada 12 Juni.

Mereka pernah mencapai perempat final Piala Emas 2003  dengan mengalahkan Kanada 2-0 di babak grup. Selama kualifikasi Piala Dunia 2006, Kuba menghadapi Kosta Rika dan  dieliminasi karena  gol tandang. Mereka menahan Kosta Rika  2-2 di Havana dan  imbang 1-1 di Kosta Rika.

Selama kualifikasi Piala Dunia 2010, Kuba menghadapi  Antigua & Barbuda dan imbang 3-3 melawan Antigua & Barbuda. Kemudian di Pedro Marreo, Kuba menang 4-1 untuk melaju ke babak semifinal kualifikasi Piala Dunia zone CONCACAF.

Kuba

Julukan

Leones del Caribe
(Singa Karibia)

Asosiasi

Asosiasi Sepak Bola Kuba

Sub-konfederasi

CFU (Karubia)

Konfederasi

CONCACAF
(Amerika Utara)

Pelatih

Raúl González Triana

Penampilan terbanyak

Odelín Molina &
Yenier Márquez (107)

Pencetak gol terbanyak

Lester Moré (29)

Stadion kandang

Estadio Pedro Marrero

Kode FIFA

CUB

Peringkat FIFA

116

Peringkat FIFA tertinggi

46 (November 2006)

Peringkat FIFA terendah

175 (Desember 1994)

Peringkat Elo

109

Peringkat Elo tertinggi

52 (Februari 2005)

Peringkat Elo terendah

143 (Januari 1965)

Kemudian Kuba bergabung dengan Amerika Serikat, Trinidad & Tobago dan Guatemala. Kuba selesai di tempat keempat,dengan hasil sekali menang melawan Guatemala 2-1 melalui gol   Aliannis Urgellés. Mereka menempati posisi ketiga di Piala Karibia 2010 untuk mengambil tempat di Piala Emas 2011. Pada  2012, Kuba memenangkan Piala Karibia untuk pertama kalinya .

Untuk Piala Dunia FIFA 2014, tim Kuba lolos langsung ke putaran ketiga sebagai salah satu dari enam tim peringkat tertinggi dan masuk  di Grup C dengan Honduras, Panama, dan Kanada.  Kuba mencatat sekali  imbang dan 5 kekalahan. Satu-satunya gol  mereka di kualifikasi datang dari Alberto Gomes melawan Panama pada pertandingan terakhir grup. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : fifa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper