Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barcelona Singkirkan Manchester City Skor 2-1 (aggregate 4-1)

Barcelona menyingkirkan Manchester City setelah di second leg babak 16 Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Kamis (13/3/2014) WIB menang 1-0. Pertemuan pertama Selasa atau Rabu (18/2/2014) di Stadion Etihad, Barcelona menang 2-0.
Lionel Messi/Reuters
Lionel Messi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Barcelona menyingkirkan  Manchester City setelah di second leg babak 16 Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Kamis (13/3/2014) WIB menang 2-1.  Pertemuan pertama Selasa atau Rabu (18/2/2014) di Stadion Etihad, Barcelona menang 2-0.

Gol Barcelona dicetak oleh Lionel Messi. Gol ini diawali dari penguasan bola oleh Cesc Fabregas di luar kotak pinalti dan menempatkan bola di depan Joleon Lescott yang tidak cepat memotong passing ke arah Messi yang langsung menguasai bola dan dengan tenang dia menyelesaikan peluang, 1-0 untuk Barcelona.

Menit ke-89, Vincent Company --yang naik dari sektor pertahanan untuk membantu serangan--mampu menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan  consolation  Edin Deko. Gol melalui sundulan kepala. Namun, Daniel Alves mampu membawa Barcelona kembali unggul 2-1 memanfaatkan umpan Iniesta. Aggregate menjadi 4-1.

Sudah kalah tertimpa tangga pula. Begitulah nasib City. Setelah kalah 2-1,  mereka kehilangan Zabaleta yang harus keluar karena mendapat kartu merah atau kartu kuning kedua.

Namun, City juga mempunyai sejumlah peluang. Ment ke-47 Dzeko yang masuk menggantikan Aguero  memiliki peluang menghasilkan gol.  Menerima umpan dari David Silva di area pinalti, bola mengarah ke Edin Dzeko yang disambut dengan first time. Namun, mampu dipatahkan oleh penyelamatan Victor Valdes yang gemilang.

City kembali  memiliki sejumlah peluang. Setidaknya pada menit ke-54, misalnya, melalui Zabaleta, tetapi  peluang hasil crossing Aleksandar Kolarov gagal dimaksimalkan. Tendangannya  melebar.

Menit ke-60, Lionel Messi memperlihatkan kualitas teknik individualnya. Dia, dengan keseimbangan yang baik mampu melesat dari penjagaan pemain Manchester City. Namun, tendangannya melebar ke sisi luar gawang City yang dikawal Joel Hurt.

Pertarungan antara tuan rumah Barcelona dan Manchester City, selama babak pertama  di pertandingan yang disiarkan SCTV, Barcelona  yang menurunkan semua kekuatan utamanya di gelandang dari mulai Messi, Neymar, Xavi, Iniesta dan Fabregas, seperti tidak ingin memberikan Silva, Toure dan Nasri bermain.

Mereka  memperlihatkan gaya tiki taka dengan sempurna saat menguasai bola, dan begitu pun  saat kehilangan bola, mereka cepat menutup  ruang City. Permutasi antar pemain begitu cepat.

Pada pertengahan babak pertama, permainan bola pendek dan terus bergerak ke depan, mampu menciptakan peluang yang gagal dimaksimalkan Neymar. Umpan tarik Iniesta di dalam kotak pinalti, tidak berhasil menjadi gol. Neymar yang menyambar umpan tarik Iniesta dan menyorongkan bola ke gawang Hurt,  berdiri offside terlebih dahulu hingga gol dianulir wasit.

Kendati lebih banyak ditekan, City  juga menghasilkan sejumlah peluang. Setidaknya permainan bola pendek antara Toure, Silva dan Nasri kerap merepotkan pertahanan City yang dikoordinir Mascherano. Pada menit ke-42, satu umpan dari Silva yang menggunakan back hill (tumit) gagal dimaksimalkan Nasri.

City pun harus bermain sedikit keras. Tak ayal, dalam tempo sekitar 15 menit, tiga kartu kuning melalui Fernandinho, Kolarov dan Zabaleta diberikan wasit.

Manchester City: Hart, Kompany, Zabaleta, Lescott, Kolarov, Milner, Nasri/ Jesús Navas, Silva, Fernandinho, Y. Touré, Agüero/Dzeko. Cadangan: Pantilimon, Clichy, Boyata, Javi García, Jesús Navas, Negredo, Dzeko.

Barcelona: Víctor Valdés, Piqué, Mascherano, Jordi Alba, Daniel Alves, Fàbregas, Xavi Hernández, Iniesta, Busquets, Messi, Neymar/ Alexis Sánchez. Cadangan: Pinto, Bartra, Adriano, Song, Sergi Roberto, Pedro Rodríguez, Alexis Sánchez.

 Rekor pertemuan Barcelona vs Manchester City

Pertemuan di Pertandingan Persahabatan (delapan kali)
1952 Barcelona 5-1 Manchester City
1957 Barcelona 3-2 Manchester City
1974 Barcelona 3-2 Manchester City
1986 Barcelona 1-1 Manchester City (3-4 penalties, played in Huelva)
2003 Manchester City 2-1 Barcelona
2009 Barcelona 0-1 Manchester City

19 Februari 2014 : Manchester City 0-2 Barcelona (Liga Champions Eropa)

13-3-2014 Barcelona 1-0 Manchester City


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper