Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Siap Cengkeram China di Kualifikasi Piala Asia di Xian

Jumat ini (15/11/2013) di Stadion Shanxi, Xian, China tim nasional Indonesia akan berjuang memenangkan pertandingan di Grup C kualifikasi Piala Asia 2015. Pertandingan akan disiarkan SCTV pukul 18.00 WIB.

Bisnis.com, XIAN  – Jumat ini (15/11/2013) di  Stadion Shanxi, Xian, China  tim nasional Indonesia akan berjuang memenangkan pertandingan di Grup C kualifikasi Piala Asia 2015. Pertandingan akan disiarkan SCTV pukul 18.00 WIB.

Indonesia berpotensi bercokol di posisi kedua menggeser Irak dan China. Dengan catatan Indonesia menang 2-0 dari China dan Irak, yang pada saat bersamaan, dijinakkan oleh tuan rumah Arab Saudi.  

Pelatih tim nasional China, Fu Bo bertekad untuk meraih poin penuh tiga di kandang setelah di pertemuan pertama melawan Indonesia di Jakarta bermain imbang 1-1. Dia pun berharap sukses klub China Guangzhou Evergrande menjadi juara Liga Champions Asia (AFC) dengan mengalahkan FC Seoul, pekan lalu. Apalagi, komposisi pemain di tim Fu Bo ini, materi pemain dari klub juara Liga Champions Asia itu cukup signifikan banyaknya.

Fu ,  telah mengkonfirmasi  Sun Xiang dan Wu Xi serta gelandang Huang Bowen, bakal tampil  setelah hilang ketika ditahan imbang Indonesia pada bulan lalu karena suspensi dan  berjuang untuk pulih dari cedera.

“Saya memenangkan Kejuaraan Klub Asia bersama  Liaoning dan Guangzhou dan mampu mengulang sukses tahun ini dan sepakbola China akan mendapatkan keuntungan dari prestasi ini. Ada banyak pemain di tim nasional dari Guangzhou dan  mengatakan itu semua,” kata Fu , yang mencetak gol saat mengalahkan Liaoning Jepang Nissan Yokohama untuk memenangkan 1990 Asian Club Championship.

“Kami memulai latihan pada  6 November, tetapi karena Piala FA dan Liga Champions AFC, para pemain baru tiba pada tiga hari yang berbeda dan semua orang bersama-sama pada  10 November. Kami telah bekerja  dan menyesuaikan status para pemain karena sebelumnya beberapa dari mereka memiliki jadwal pertandingan yang berbeda. Kami telah melakukan beberapa tes kepada para pemain dan tampaknya mereka berada dalam kondisi yang baik yaitu untuk keuntungan kami dan kami akan melakukan yang terbaik untuk memenangkan pertandingan.”
 
“Kami fokus pada pertandingan dengan Indonesia, tapi tentu saja kita berpikir strategis karena  kami  memiliki permainan lain pada minggu depan,” tuturnya. 
 
Imbang pada bulan lalu di Jakarta menjadi poin  pertama Indonesia untuk pertandingan  berikut dan sebelumnya dikalahkan  Irak dan Arab Saudi dan pelatih Jacksen Tiago mengharapkan  hasil positif pada  Jumat (15/11/2013).
 
“Kami sudah berlatih selama dua hari dan sekarang pemain saya semua dalam kondisi yang baik. Kami mengharapkan hasil yang baik dari pertandingan Jumat,”  kata pelatih Indonesia Jacksen F.Tiago.
 
“Kami memiliki 24 pemain yang siap dan tak satu pun dari mereka memiliki cedera. Beberapa pemain sakit,  tetapi mereka telah pulih sejak kami tiba di sini. Kami telah berlatih di Pyongyang sebelum datang ke sini untuk mendapatkan penyesuain  iklim dan saya pikir kami telah mencapai target itu.”
 
“Kami di sini untuk mengambil poin. Sebelumnya, kami tidak sepenuhnya siap tapi besok [Jumat] kami memiliki tim yang sudah disesuaikan dan Anda akan melihat kualitas sepak bola kami akan hadir besok [Jumat],” ujarnya yang dikutip oleh AFC.com.
 
Terlepas dari hasil di Xian , salah satu dari dua tempat kualifikasi dari Grup C bisa dipastikan diraih  pada  Jumat karena  pimpinan klasemen  Arab Saudi juga menjamu sesama mantan juara Piala Asia AFC, Irak.
 
Arab Saudi mengalahkan juara 2007 Irak 2-0 bulan lalu dan  jika meraih kemenangan,  tim pelatih Lopez Caro akan menempatkan pemenang juara Asia tiga kali dalam posisi tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan dua pertandingan tersisa.
 
Caro , meskipun, akan tanpa striker Mustafa Al Bassas karena suspensi, Arab Saudi berusaha untuk mempertahankan rekor 100% mereka di Grup C.
 
“Pertandingan melawan Irak akan menjadi salah satu pertandingan terberat di kualifikasi karena akan menjadi penentu  jalan kami untuk lolos Piala Asia 2015 di  Australia . Kita harus memiliki kinerja yang lebih baik daripada yang kami tunjukkan di pertandingan sebelumnya, " kata pelatih Arab Saudi Caro.
 
“Irak akan masuk ke pertandingan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil positif demi menjaga peluang mereka dalam grup, sementara pada saat yang sama kami ingin membuktikan bahwa kemenangan sebelumnya  layak. Pertandingan akan ketat dan kompetitif.”
 
“Harapan kami adalah  memenangkan pertandingan dalam rangka untuk memberikan dorongan besar untuk pertandingan berikutnya melawan China. Kita tahu bahwa tidak akan mudah untuk mengalahkan Irak, tetapi pada saat yang sama kami yakin bahwa para pemain akan menunjukkan kinerja yang baik.”
 
Kekalahan bulan lalu adalah kekalahan kedua Irak di Grup C dan pelatih Hakeem Shaker mencari timnya untuk kembali ke jalur kemenangan.  Juara 2007 itu saat ini selisih satu poin dari tim di tempat kedua China.
 
“Kami akan pergi ke pertandingan melawan Arab Saudi dengan  satu pilihan,  menang dan menghidupkan kembali peluang kami lolos dari grup. Kita tahu bahwa Arab Saudi adalah tim yang kuat tapi kami ingin membalas kekalahan kami di babak sebelumnya,”  kata pelatih Irak Shaker.
 
“Pertandingan yang menentukan karena jika kami menang, maka kita akan memiliki kesempatan yang baik untuk bersaing untuk meraih tempat kedua di grup setelah Arab Saudi hampir disegel berada di posisi teratas dan karena itu, kita harus mendapatkan hasil yang positif jika kita ingin bersaing dan lolos ke putaran final.”
 
" Kami datang ke Arab Saudi dan kita tahu bahwa lawan kami kuat terutama karena mereka bermain di kandang di depan fans mereka, tapi kami akan bermain dengan taktik yang baik untuk mencapai kemenangan.”

- Indonesia                     - Jacksen F.Tiago

Tim  

M

M

S

K

GM

GK

SG

PTS

ARABI SAUDI  

3

3

0

0

6

2

4

9

CHINA  

3

1

1

1

3

3

0

4

IRAK

3

1

0

2

1

3

-2

3

INDONESIA

3

0

1

2

2

4

-2

1

M: Main, M:Menang, S:Seri, K: Kalah, GM:Gol memasukan, GK: Gol kemasukan, SG:Selisih gol, PTS:Poin

Jadwal Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2015
Kandang
23 Maret 2013 Indonesia 1-2 Arab Saudi
15 Oktober 2013 Indonesia 1-1  China
19 November 2013: Indonesia vs Iraq

Tandang
6 Feb 2013: Iraq 1-0 Indonesia
15 November 2013: China vs Indonesia
5 Maret 2014: Arab Saudi vs Indonesia

Jadwal pertandingan kualifikasi Piala Asia 2015 yang akan dimainkan pada Jumat (15/11/2013)

Grup A

Di Teheran Suriah v Singapura (10.30 GMT)

Grup B

Di Kuwait City Kuwait v Lebanon (15.35 GMT)

di Bangkok Thailand v Iran (12.00 GMT)

Grup C

Di Xian China v Indonesia (11.35 GMT)

Di Dammam Arab Saudi v Irak (16.30 GMT)

Grup D

Di Al Ain Yaman v Qatar (12.00 GMT)

Di Manama Bahrain v Malaysia (14.45 GMT)

Grup E

Di Abu Dhabi UAE v Hong Kong (15.30 GMT)

Di Hanoi Vietnam v Uzbekistan (12.00 GMT)

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper