Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Real Madrid Tambah Kaya, Laba Melonjak 52%

Bisnis.com, JAKARTA - Laba Real Madrid, juara sepak bola Eropa sembilan kali, melonjak  52%  pada tahun ini (hingga Juni 2013), setelah  mengurangi  utang. Real Madrid mencatat laba bersih riil 36,9 juta euro (US$48,40 juta),  tahun

Bisnis.com, JAKARTA - Laba Real Madrid, juara sepak bola Eropa sembilan kali, melonjak  52%  pada tahun ini (hingga Juni 2013), setelah  mengurangi  utang.

Real Madrid mencatat laba bersih riil 36,9 juta euro (US$48,40 juta),  tahun sebelumnya hanya  24,20 juta euro. Pendapatan pun naik 1,3%  menjadi 520,90 juta euro, kata klub itu dalam situsnya kemarin.

Real Madrid, yang menyetujui pembayaran  78 juta poundsterling (US$121 juta) untuk membeli Gareth Bale dari Tottenham Hotspur pada bulan ini, mengurangi utang 90,60 juta euro pada  30 Juni dari 124,70 juta euro, katanya.

Tahun  ini, Real Madrid  menjadi klub olahraga terkaya menyusul  memiliki nilai kekayaan tertinggi di dunia. Los Galasticos menggeser posisi Manchester United dan klub-klub besar NFL lainnya.

Menurut  Majalah Forbes, Real Madrid menempati posisi pertama karena memiliki aset US$3,30 miliar  atau sekitar Rp32 triliun. Klub raksasa Spanyol itu, naik satu peringkat dari posisi dua pada  2012. Tahun lalu, jumlah kekayaan Real Madrid  mencapai  US$1,8 miliar.

Manchester United turun satu peringkat menempati posisi kedua klub terkaya di dunia. Tahun ini, Manchester United dilaporkan memiliki nilai kekayaan  US$3,17 milliar. Peringkat berikutnya, ditempati oleh Barecelona dengan nilai kekayaan US$2,6 milliar.

Sementara itu, New York Yankess di posisi keempat dengan nilai US$2,3 milliar,  diikuti  klub sepakbola Amerika  Dallas Cowboys dengan nilai kekayaan US$2,1 milliar. Dari 50 klub terkaya yang menempati posisi teratas daftar Forbes tersebut, 30 klub di antaranya merupakan klub-klub NFL. Sementara, 20 sisanya adalah tujuh klub sepakbola dan MLB, tiga klub NBA, dan dua tim balap serta satu tim hoki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Bloomberg/Forbes
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper