Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Siap Cukur India di Homeless World Cup 2013

Bisnis.com, JAKARTA—Peluang Tim Indonesia menjadi juara grup akan terbuka lebar jika berhasil menekuk tim India pada partai terakhir babak kualifikasi Grup G di Homeless World Cup 2013, Poznan, Polandia, Selasa (13/8/2013) hari ini. Pelatih Indonesia,

Bisnis.com, JAKARTA—Peluang Tim Indonesia menjadi juara grup akan terbuka lebar jika berhasil menekuk tim India pada partai terakhir babak kualifikasi Grup G di Homeless World Cup 2013, Poznan, Polandia, Selasa (13/8/2013) hari ini.

Pelatih Indonesia, Bonsu Hasibuan meminta anak-anak asuhnya tetap fokus dan tidak memikirkan kekalahan yang mereka terima sehari sebelumnya dari Argentina. Panitia akan mengambil 24 tim teratas untuk masuk dalam kompetisi memperebutkan tropi Homeless World Cup.

“Kekalahan kemarin itu sudah dilupakan saja, karena sudah lewat. Yang harus fokus adalah pertandingan hari ini,” kata Bonsu kepada para pemainnya dalam briefing di Asrama Mahasiswa Politeknik Poznan, Polandia, Senin (12/8) malam waktu setempat.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (13/8/2013) disebutkan pada hari kedua gelaran kejuaraan dunia sepakbola jalanan bagi kaum marjinal ini, tim Indonesia harus mengakui keunggulan Argentina. Dalam pertandingan selama 14 menit, kedua tim berbagi jumlah gol yang sama. Masing-masing 6 gol.

Pertandingan akhirnya dituntaskan lewat adu penalti yang dimenangkan Argentina karena eksekusi penalti oleh Dimas Saputra Ramadhan hanya membentur tiang. Sementara tendangan pemain Argentina meluncur mulus ke sisi sebelah kanan penjaga gawang Indonesia, Ujang Yakub.

Dimas mengungkapkan, kekalahan atas Argentina merupakan hal pahit sekaligus pengalaman berharga. Dia mengaku dirinya tidak siap saat pelatih menempatkannya di luar lapangan. Saat dipanggil untuk menggantikan rekannya, Dimas tampak canggung. “Secara tidak langsung itu berdampak pada saat harus mengambil tendangan penalti,” ujar Dimas.

Kekalahan itu tidak menjadi beban buat para pemain. Selang waktu dua jam setelah kekalahan mengenaskan itu, para pemain tampil taktis dan efektif saat menghadapi Wales. Ketenangan mengontrol permaian membuahkan hasil sehingga mereka bisa mencetak kemenangan 12-2 atas Wales.

Belasan gol tersebut dicetak oleh Nico Pernando, Sendi, Riki Irawan dari Jawa Barat, serta Dimas yang berasal dari Jawa Timur. Nico dan Dimas, masing-masing mencetak empat gol, sementara Sendi tiga gol, dan Riki satu gol.

Bonsu optimis timnya bisa tampil lebih baik saat menghadapi India. Kemenangan Indonesia atas India dapat meloloskan tim Merah Putih ke babak 24 besar yang menjadi jalan masuk untuk memperebutkan tropi Homeless World Cup 2013.

Terkait targetnya di kejuaraan internasional ini, Bonsu memastikan, dirinya akan lebih fokus untuk merotasi dan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap pemain dalam lapangan. Hal ini penting karena setiap pemain yang berpatisipasi dalam Homeless World Cup hanya bisa bermain sekali seumur hidupnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper