Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL LIGA CHAMPIONS: Kalah Agrregate 0-7, Barcelona Akui Munich Tim Terbaik Eropa

Gol bunuh diri, Gerad Piqué tertunduk lesu (Reuters)BISNIS.COM, JAKARTA—Barcelona menderita kekalahan telak 0-3 di semifinal leg-2 Liga Champions ketika menjalani laga kandang di Camp Nou Rabu malam (1/5/2013) waktu Spanyol atau Kamis dini

Gol bunuh diri, Gerad Piqué tertunduk lesu (Reuters)

BISNIS.COM, JAKARTA—Barcelona menderita kekalahan telak 0-3 di semifinal leg-2 Liga Champions ketika menjalani laga kandang di Camp Nou Rabu malam (1/5/2013) waktu Spanyol atau Kamis dini hari (2/5/2013) waktu Jakarta.

Dengan demikian, Bayern Munich lolos ke partai final Liga Champions dengan agreggate 7-0 dan akan bertemu Borussia Dortmund di partai final yang akan digelar Minggu (26/5/2013) dini hari WIB di Stadion Wembley, London.

Presiden Barcelona Sandro Rosell secara sportif mengakui Barca layak kalah dari Munich dalam pertandingan yang tanpa diperkuat Lionel Messi tersebut.

"Selamat untuk Munich. Bayern benar-benar lebih superior dari kami dan layak mendapat tiket ke Wembley," ujarnya seperti dikutip Reuters.

Meskipun demikian, orang nomor satu di Barcelona itu mengingatkan agar Bayern Munich tidak cepat merasa puas, karena di partai final masih harus menghadapi Dortmund yang terkenal bermental baja.

"Saya pikir, Bayern merupakan tim terkuat di Eropa, namun segala sesuatu bisa terjadi di final," lanjutnya.

Kekalahan telak 0-3 itu seolah semakin menguatkan stigma bahwa Messi benar-benar menjadi faktor pembeda bagi Barcelona. Buktinya, tanpa pemain terbaik dunia itu Barcelona bertekuk lutut 0-3 di kandang sendiri.

Ketiga gol tercipta pada babak kedua. Gol pertama dilesakkan Arjen Robben pada menit 49 sehingga skor menjadi 1-0.

Pada menit ke-72 Gerad Piqué membuat blunder ketika  sontekan penyelamatannya justru menjebol gawangnya sendiri yang dikawal Victor Valdes.

Skor pun menjadi 0-2. Namun skor itu hanya bertahan 4 menit ketika  Thomas Müller berhasil menjebol gawang Valdes menit ke-76 dan Munich pun memperbesar keunggulan menjadi 3-0.

Piqué mengakui Barcelona kehilangan roh permainan ketika Messi tak bisa merumput dan moral tim semakin runtuh ketika kebobolan gol pertama.

"Kami bermain bagus pada babak pertama, tapi gol pertama Bayern di awal babak kedua membuat moral kami merosot," ujarnya.

Piqué menegaskan Barcelona membutuhkan gol cepat pada babak pertama untuk menjaga momentum permainan. Namun, Barca tak bisa berbuat banyak kendati bermain bagus di babak pertama, karena tak ada 'sentuhan' mesi di tubuh Barecelona.

"Sayangnya ini permainan tanpa pemain terbaik di dunia [Messi]. Kami gagal mencari momentum dengan menciptakan gol pada awal-awal babak pertama," tegasnya.

Meskipun demikian, pemain belakang Barcelona itu secara sportif mengakui kekalahan tersebut dan memuji permainan Munich.

"Ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Barcelona," katanya.

Jadwal & Hasil Semi Final Liga Champions

Hari

WIB

Stadion

Laga

Skor

Rabu 24/4

01:45

Arena München

SF1:Bayern Munich vs Barcelona

4-0

Kamis 25/4

01:45

BVB Dortmund

SF2:Borussia Dortmund vs Real Madrid

4-1

Rabu 1/5

01:45

Santiago Bernabéu

SF2:Real Madrid vs Borussia Dortmund

2-0

Kamis 2/5

01:45

Camp Nou

SF1:Barcelona vs Bayern Munich

0-3

Minggu 26/5

01:45

Wembley London

FinalMunich (7-0) vs Dortmund (4-3)

-

Sumber: uefa.com          Ket: seluruh pertandingan disiarkan SCTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper