Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AFF 2012: Tekuk Malaysia 2-0, Thailand 'Reuni Final 2006 dengan Singapura

Rekor Thailand di Final Piala AFF

Rekor Thailand di Final Piala AFF

Tahun

Prestasi

1996

Juara, kalahkan Malysia 1-0

2000

Juara, kalahkan Indonesia 4-1

2002

Juara, kalahkan Indonesia adu penalti 6-4

2006

Runer up, kalah aggregate 2-3 dari Singapura

Sumber: affsuzukicup.com

JAKARTA: Thailand berhasil memanfaatkan laga kandang di Stadion Suphachalasai untuk mengalahkan Malysia 2-0 dalam pertandingan semi final leg kedua malam ini. Thailand unggul dengan agrregate 3-1 dan akan bertemu lagi dengan Singapura di final seperti pada Final Piala AFF 2006.

Data pertandingan portal resmi AFF Cup 2012 affsuzukicup.com menyebutkan dalam pertandingan dengan kick off pukul 19:00 WIB tersebut, pertarungan berlangsun ketat.Hingga babak pertama berakhir, pertandingan belum membuahkan gol alias seri 0-0.

Malaysia mengakhiri babak pertama dengan tim yang pincang di lini belakang, karena pemain belakangnya bernomor punggung 27, Mohamed Fadhli Mohd Shas, mendapat kartu merah pada menit 44 babak pertama.

Fadhli Shas sebelumnya sudah diganjar kartu kuning pada menit 9. Itulah sebabnya pelanggaran keras yang dilakukan menjelang babak pertama berakhir membuahkan kartu merah.

Tim Gajah Putih Thailand benar-benar memanfaatkan babak kedua untuk mengejar kemenangan setelah lini belakang Tim Harimau Malaya pincang tanpa Fadhli Shas. Hasilnya, dua gol  bersarang ke gawang Malaysia yang dijaga Mohd Farizal hanya dalam tempo 5 menit.

Gol pertama Tim Gajah Putih tercipta melaliu striker bernomor punggung 10, Teerasil Dangda, pada menit 60 babak kedua. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Hanya berselang 5 menit, pemain belakang Thailand bernomor punggung 3, Theerathon Bunmathan, membuat gawang Mohd Farizal jebol untuk kedua kalinya. Skor pun menjadi 2-0.

Malaysia berusaha mengejar ketinggalan pada sisa waktu 25 menit, karena Tim Harimau Malaya tersebut membutuhkan seri 2-2 untuk lolos ke final.

Namun apa daya, skor pun tidak berubah 2-0 untuk kemenangan Thailand ketika wasit Lee Min-Hu meniup panjang peluit tanda berakhirnya pertandingan. Thailand uggul dengan agregate 3-1, karena pada pertaningan semi final leg pertama di Malaysia, Thailang bermain imbang 1-1.

Wasit asal Korea Selatan itu mengakhiri pertandingan dengan koleksi 5 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Tiga kartu kuning diberikan kepada Thailand (Phicitpong Choeichiu menit '24,Datsakorn Thongalo '44, Sompong Soleb "75). Adapun,  dua kartu kuning kepada Malaysia (Fadhli Shas '9, Mahalli Bin Jasuli '14). Sementara itu,  kartu merah diberikan kepada Fadhli Shas.

Di Final, Thailand akan bertemu Singapura yang kemarin (Rabu 12/12/2012) mengalahkan Filipina 1-0 di semi final. Duel Thailand vs Singapura adalah pertemuan yang kedua.  Pertemuan pertama berlangsung di Piala AFF 2006 ketika Singapura menjadi juara setelah  mengalahkan Thailand dengan aggregate gol  3-2.

Apakah Thailand mampu melakukan balas dendam atas kekalahannya di Final AFF 2006 tersebut. Kita tunggu saja. Thailand akan melawat ke Singapura Rabu (19/12/2012) untuk menjalani laga final leg 1. Pada pertandingan leg 2 Sabtu (22/12/2012) giliran Thailand yang akan menjadi tuan rumah.

Anda dapat menyaksikan tayangan ulang pertandingan semi final leg kedua antara Thailand melawan Malaysia di RCTI Jumat dini hari (14/12/2012) pukul 00:00-01:30 WIB. (sut)

Susunan pemain Thailand

Kawin Thamsatchanan, Panupong Wongsa, Theerathon Bunmathan (Apipu Suntornpanavej "79), Chonlatit Jantakam, Datsakorn Thonglao, Teerasil Dangda, Anucha Kitpongsri, Adul Lahso, Jakkraphan Pornsai (Sompong Soleb "70), Phichitpong Choeichiu (Arthit Sunthornphit "46), Piyaphon Bantao. Pelatih: Winfried Schafer

Susunan pemain Malaysia

Mohd Farizal, Mahalli Bin Jasuli, Mohd Bunyamin Umar, Mohamad Aidil Zafuan, Safiq Bin Rahim, Norshahrul Talaha, Amar Bin Rohidan, Kunanlan Subramaniam (Mohd Khyril Muhymeen "53), Azammudin Mohd Akil, Baddrol Bin Bakthiar (Mohd Safee "73), Mohamed Fadhli Mohd Shas. Pelatih: Rajagobal Krishnasamy

Jadwal  dan Skor Pertandingan Semi final & Final Piala AFF Suzuki Cup 2012

SEMI-FINAL

(siaran  langsung ESPN Star Sport, RCTI tentatif siaran tunda)

Hari/Tgl

Laga

WIB

Babak

Skor

Stadion/kandang

Sabtu, 8 Des

13

19:00

SF1

Singapura vs Filipina (0-0)

Rizal Memorial/ Filipina

Minggu, 9 Des

14

19:45

SF2

Thailand  vs Malaysia (1-1)

Bukit Jalil/ Malaysia

Rabu, 12 Des

15

19:00

SF1

Singapura vs Filipina (1-0)

Jalan Besar/ Singapura

Kamis, 12 Des

16

19:00

SF2

Thailand  vs Malaysia (2-0)

Supachalasai/ Thailand

FINAL

(siaran  langsung ESPN Star Sport, RCTI tentatif siaran tunda)

Rabu, 19 Des

17

-

Final

Singapura  vs Thailand

Jalan Besar/ Singapura

Sabtu, 22 Des

18

-

Final

Singapura vs Thailand

Supachalasai/ Thailand

Sumber: affsuzukicup.com

Ket: Selain ESPN Star Sport & RCTI, 7 negara peserta juga menggelar siaran langsung tv 

 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper