Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKANDAL PENGATURAN SKOR: Ini Dan Tan, Dalang Pengatur Skor

Kepolisian Singapura kembali menahan Dan Tan, pria yang dituding Interpol sebagai dalang pengaturan skor sejumlah pertandingan sepak bola dunia.
Dan Tan/zeenews.india.com
Dan Tan/zeenews.india.com

Bisnis.com, JAKARTA--Kepolisian Singapura kembali menahan Dan Tan, pria yang dituding Interpol sebagai dalang pengaturan skor sejumlah pertandingan sepak bola dunia.

Dan Tan, yang juga dikenal dengan nama Tan Seet Eng, sebelumnya ditahan tanpa proses pengadilan sejak Oktober 2013 hingga dibebaskan pekan lalu atas perintah pengadilan. Penahanan semacam itu diatur dalam undang-undang Singapura. Namun, Tan kembali ditahan atas “dugaan keterlibatan dalam kegiatan-kegiatan kriminal”.

Sejak awal penangkapannya, Tan selalu berkeras bahwa dia tidak bersalah. Tan sejatinya diincar oleh sejumlah negara, termasuk Italia. Namun, Singapura tidak punya kesepakatan ekstradisi dengan negara-negara tersebut, sehingga dia terus mendekam di penjara negara tersebut.

Tan dituding mengatur skor sejumlah pertandingan olah raga dan sebagian besar adalah pertandingan sepak bola. Khusus untuk laga sepak bola, dia diduga punya andil dalam pengaturan skor di kompetisi Serie A dan Serie B Italia pada 2011.

Tan bahkan disebut sebagai “dalang dan pemimpin sindikat pengaturan skor pertandingan paling terkenal.”

Selain Tan, sebenarnya ada warga Singapura lain yang dituduh mengatur pertandingan sepak bola dunia. Dia bernama Wilson Raj Perumal, pria yang pernah menjalani hukuman di Finlandia dalam kasus pengaturan skor pertandingan di negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Sumber : bbc.co.uk
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper