Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Porsche Sprint Challenge Indonesia, Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport Masuk Kelas GT4

Porsche Sprint Challenge Indonesia kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, setelah sukses menjalani musim perdananya.
Porsche 718 Cayman GT4 RS/Porsche
Porsche 718 Cayman GT4 RS/Porsche

Bisnis.com, JAKARTA - Porsche Sprint Challenge Indonesia kembali digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, setelah sukses menjalani musim perdananya dengan kalender kategori GT3 Cup dan GT4 yang terdiri dari 4 balapan akhir pekan.

Rencananya, balapan dimulai pada Juli 2024 dan final pada November 2024. Dengan format baru untuk musim 2024 ini, Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport baru akan berlomba bersama mobil Porsche 911 GT3 Cup.

Bagoes Hermanto, CEO Superstars Motorsport mengatakan, "Kami sangat senang memperkenalkan mobil balap Porsche baru, yaitu 718 Cayman GT4 RS Clubsport. Ini adalah mobil balap paling mudah diakses dari Porsche Motorsport, yang benar-benar mewujudkan motorsport dan merupakan mobil balap pertama di Indonesia yang mematuhi peraturan SRO GT4."

"Karena musim pertama Porsche Sprint Challenge Indonesia terbukti sukses dengan lebih dari 20.000 penonton di sirkuit dan lebih dari. 50.000 penonton melalui platform digital kami, Superstars Motorsport berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan olahraga mobil dan talenta balap dengan memberikan puncak balap mobil GT di Indonesia," tambah Bagoes.

New Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport memberi dorongan pada kelas GT4
 

Hadirnya Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport pada tahun ini akan memberikan dorongan pada kelas GT4 baru, yang membentuk nilai tambahan yang menarik ke grid dengan mobil Porsche 911 GT3 Cup yang telah terbukti bersaing di kelas GT3 Cup.

Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport hadir dengan mesin boxer enam silinder 4,000 CC. Mesin bertenaga dengan putaran tinggi ini diambil langsung dari mobil balap 911 GT3 Cup dan menghasilkan tenaga 500 hp (daya kuda) pada 718 Cayman GT4 RS Clubsport – 75 hp lebih besar dari model GT4 Clubsport sebelumnya. Dengan putaran mesin yang mampu mencapai 9.000 rpm, torsi maksimal sebesar 465 Nm pada 6.000 rpm dihasilkan, memberikan powerband yang memudahkan pembalap profesional maupun amatir dalam mengemudikan kendaraannya.

Selain banyak detail yang ditingkatkan, fokus dalam pengembangan 718 Cayman GT4 RS Clubsport baru adalah untuk lebih meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Transmisi kopling ganda (PDK) 7-percepatan standar yang dipasang pada mobil diadopsi dari mobil produksi seri, Porsche Cayman GT4 RS. Semua roda gigi memiliki rasio yang lebih pendek dibandingkan model sebelumnya. Tergantung pada regulasi trek dan seri tertentu, 718 Cayman GT4 RS Clubsport baru dapat mencapai waktu putaran dua persen lebih cepat dibandingkan model sebelumnya. Kendaraan yang dihomologasi ini merupakan kendaraan dari pabrik (ex-factory) yang siap dipakai dan dapat digunakan dalam seri balap SRO di seluruh dunia tanpa modifikasi lebih lanjut.

Di tahun 2016, Porsche mulai menawarkan mobil konsep balap kelas GT4 ini kepada para pembalap, diawali dengan Cayman GT4 Clubsport generasi 981 yang terjual sebanyak 421 unit pada tahun 2018 dan ditahun 2019, penggantinya 718 Cayman GT4 juga telah berkembang menjadi kesuksesan dan hingga kini sekitar 500 unit telah diproduksi. Tingginya permintaan ini juga disebabkan oleh biaya operasional yang relatif rendah. Penggunaan teknologi komponennya yang diproduksi secara massal dikombinasi dengan komponen yang dirancang khusus untuk balapan secara signifikan mengurangi biaya operasional tim balap.

Modifikasi pada suspensi juga telah dikerjakan ulang secara mendasar untuk mengoptimalkan respon dan meningkatkan handling mobil. Fitur-fitur baru termasuk peredam dua arah dengan kurva karakteristik yang ditingkatkan dan anti-roll bar tipe bilah yang dapat disesuaikan di bagian depan dan belakang. Ketinggian pengendaraan, camber dan tracking juga dapat disesuaikan. Selain itu, tiga tingkat pegas berbeda tersedia untuk gandar depan dan belakang. Asupan khusus ventilasi NACA pada kap depan mobil sangat efisien dalam memberikan ventilasi pada sistem pengereman balap besar dengan rem cakram baja 380 mm. Sistem Porsche Stability Management (PSM) telah diberikan pengaturan balap khusus dengan sakelar untuk kontrol traksi (TC), ABS, dan penyetelan ESC yang ditingkatkan.

Pengendalian mobil 718 Cayman GT4 RS Clubsport sangat terkontrol dan sangat seimbang meski menikung dengan kecepatan tinggi karena didukung dengan aerodinamis yang efisien. Bibir spoiler depan yang diperpanjang untuk meningkatkan downforce pada poros depan. Sementara itu, ventilasi spakbor bergaya 911 GT3 R di sayap dengan 'tirai udara' khusus menangani turbulensi udara yang terjadi di sekitar roda depan, sementara trim bagian bawah bodi mobil mengoptimalkan aliran udara ke diffuser fungsional di bagian belakang. Sayap belakang model leher angsa gooseneck memiliki elemen penutup Gurney 20 mm dan dapat disetel dengan dua posisi penyesuaian.

718 Cayman GT4 Clubsport merupakan mobil balap produksi seri pertama dengan komponen bodi berbahan bahan komposit serat alami berkelanjutan atau natural fiber composite (NFC). GT4 RS Clubsport baru kini lebih banyak menggunakan material ini, termasuk untuk kap mesin, sayap, detail aero depan, dan roda kemudi baru, selain pintu dan sayap belakang. Penggunaan serat berbasis rami sebagai material komposit serat karbon alternatif dapat diuji pada komponen ini untuk potensi penggunaan di masa depan pada produksi mobil penumpang. Selama lebih dari 70 tahun, Porsche telah menggunakan motorsport sebagai laboratorium untuk menguji teknologi, proses, dan material yang kemudian digunakan dalam mobil produksi seri.

Alexandre Gibot, Managing Director, Porsche Motorsport Asia Pacific Ltd mengatakan, “Menyusul kesuksesan musim perdana, Porsche Motorsport Asia Pacific sangat senang bahwa Porsche Sprint Challenge Indonesia berkembang dengan menyertakan kelas GT4 pada tahun 2024.”

Alexander Riedel, General Manager Porsche Indonesia: “Penambahan mobil Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport menandai era baru yang penuh semangat baik bagi pengemudi maupun penggemarnya. Kami sangat menantikan balapan mendebarkan yang menampilkan beragam model Porsche GT di arena balap.”

 “Kehadiran mobil balap Porsche 718 Cayman GT4 RS Clubsport semakin menambah keseruan mengawali musim kedua Porsche Sprint Challenge Indonesia yang kini hadir dalam dua kategori, yakni kelas GT3 Cup dan GT4. Sebagai persiapan menyambut musim 2024, para pemangku kepentingan seperti Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan pengelola sirkuit Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bertujuan menghadirkan format tontonan yang lebih menarik dan kompetisi yang lebih seru. Belajar dari musim pertama, MGPA dan Superstars Motorsport sama-sama berkomitmen menjadi tuan rumah Porsche One Make Series dan menyambut para pembalap berbakat Indonesia dengan ajang balap tertinggi di Indonesia, dan kawasan Asia Tenggara,” tutup Bagoes Hermanto.

Porsche Sprint Challenge Indonesia musim 2024, kalender balap sementara:

Tanggal

Event

Lokasi

akan di konfirmasi

Official Test Days

Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok

12-14 Juli 2024

Putaran 1

Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok

16-18 Agustus 2024

Putaran 2

Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok

11-13 Oktober 2024

Putaran 3

Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok

1-3 November 2024

Putaran 4

Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper