Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Bisa Perkuat Timnas Indonesia, Persebaya Ungkap Kondisi Ernando Ari

Ernando Ari disinyalir tak bisa ikut bergabung dengan Timnas Indonesia untuk melakoni dua laga kualifikasi Piala Dunia pada 21 dan 26 Maret 2024.
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari/Antara
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Penjaga gawang Persebaya Surabaya Ernando Ari Sutaryadi tidak masuk dalam pemain yang dipanggil oleh Pelatih Shin Tae-yong untuk bergabung dengan timnas Indonesia untuk melakoni dua laga kualifikasi Piala Dunia pada 21 dan 26 Maret 2024.

Shin Tae-yong diketahui memanggil Nadeo Arga Winata (Borneo FC), Muhammad Riyandi (Persis Solo) dan Ady Satryo (PSIS Semarang) untuk melakoni dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan Maret ini.

Tidak dipanggilnya Ernando buka tanpa alasan, dirinya mengalami cedera ketika berusaha mengantisipasi eksekusi tendangan bebas pemain Bhayangkara Presisi Indonesia FC, Matias Mier bulan lalu.

Akibat dari cedera bahu yang dialami membuatnya harus absen juga dalam dua pertandingan internasional bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024 mendatang.

Namun, nama Ernando muncul di daftar susunan pemain pada pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/24 saat Persebaya Surabaya melawan Madura United FC yang berakhir imbang tanpa gol di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (13/3/2024).

Pelatih kiper Persebaya Benyamin van Breukelen mengatakan bahwa kondisi Ernando mulai membaik dan sudah mengikuti dua latihan terakhir.

Namun, Benyamin menyebut bahwa Ernando masih membutuhkan istirahat, akibat terlalu seringnya bertanding baik di Persebaya maupun di Timnas Indonesia.

“Memang dia cedera, jadi bagaimana saya mau memaksakan. Dia cedera dan butuh istirahat. Dia terlalu sering dimainkan saya rasa, karena terlalu banyak bermain,” kata Benyamin melansir dari laman resmi Liga Indonesia, Jumat (15/3/2024).

Sementara itu, pelatih kepala Persebaya Paul Munster memastikan akan menurunkan kondisi Ernando Ari jika kondisinya sudah siap atau sudah 100%.

Dia merasa tidak khawatir karena tim memiliki penjaga gawang cukup mumpuni. Seperti Andhika Ramadhani yang telah menggantikan Ernando di beberapa laga terakhir.

"Dia seorang penjaga gawang, posisinya yang spesifik dan harus 100 persen," kata pelatih asal Irlandia Utara itu.

Sejak BRI Liga 1 2023/24 bergulir, Ernando Ari telah dimainkan sebanyak 18 kali dengan 35 save dan clearances sebanyak 4 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper