Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil 16 Besar All England 2024, 14 Maret: Wakil Indonesia Lolos ke Perempat Final?

Indonesia meloloskan Gregoria Mariska Tunjung, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo di 16 besar All England 2024.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di All England 2023. Hasil 16 Besar All England 2024, 14 Maret: Wakil Indonesia Lolos ke Perempat Final?/pbsi.id
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di All England 2023. Hasil 16 Besar All England 2024, 14 Maret: Wakil Indonesia Lolos ke Perempat Final?/pbsi.id

Bisnis.com, JAKARTA - Turnamen All England 2024 sudah memasuki babak 16 besar dan akan digelar, Kamis (14/3/2024) di Utilita Arena.

Ada delapan wakil Indonesia yang berlaga di babak 16 besar All England 2024. Mereka adalah Fajar Alfian/Rian Ardianto, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Sementara di sektor ganda putri dan campuran, masing-masing diwakili oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan tempat mereka di babak 16 besar All England Open 2024, usai menekuk pasangan Taiwan Fang-Chih Lee/Fang-Jen Lee pada babak pertama, dengan skor 21-13, 21-9.

“Bersyukur bisa kembali tampil di All England, bisa diberikan kelancaran juga di pertandingan pertama. Kami cukup excited dan semoga kami selalu bisa memenangkan pertandingan di setiap laga,” kata Fajar, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, Fajar/Rian sepakat bahwa lawan memang sudah terlihat tertekan, karena cukup banyak melakukan kesalahan sendiri yang pada akhirnya akan menguntungkan pasangan Indonesia.

Momen itu pun kemudian dimanfaatkan Fajar/Rian dengan baik, dan pada akhirnya mendominasi kedua gim dengan percaya diri melalui serangan-serangan dan pertahanan yang solid.

“Tadi lawan bermain cukup tertekan karena kami coba tidak mengendurkan serangan,” kata Fajar.

“Tidak hanya di pertandingan tadi, tapi saat pertemuan terakhir di Malaysia Open mereka beberapa kali juga terkena fault service, itu mungkin membuat mereka kurang percaya diri,” ujar Rian.

Dengan ini, maka Fajar/Rian akan bertemu dengan wakil Jepang Akira Koga/Taichi Sato di babak 16 besar, yang bergulir mulai hari ini pukul 17.00 WIB.

Jika dilihat dari statistik, Fajar/Rian yang merupakan unggulan ketujuh pada turnamen ini memiliki kans yang cukup tinggi untuk bisa menang atas Koga/Sato, dengan unggul 4-1 atas pasangan Jepang.

Meski demikian, juara All England 2023 itu tidak ingin lengah dan kehilangan fokus, mengingat pertemuan terakhir mereka dengan pasangan Jepang ini adalah di babak pertama Japan Open 2022, dengan kemenangan yang dibukukan oleh Fajar/Rian.

“Kami harus mewaspadai semua lawan, tidak hanya satu atau dua pasangan. Dari awal tahun di ganda putra kan yang juara juga bergantian jadi di All England ini semua punya peluang untuk bisa menjadi juara,” ujar Rian.

Sementara itu, di sektor tunggal ada Gregoria Mariska Tunjung, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Chico Aura Dwi Wardoyo melaju ke babak 16 besar All England Open 2024, setelah mengalahkan Priyanshu Rajawat dari India melalui rubber game, 21-19, 11-21, 21-9.

“Tadi permainan yang cukup ketat, saya mengambil kemenangan dengan tiga gim. Lawan juga bermain sangat baik. Lapangan sedikit berangin tapi alhamdulillah adaptasinya secara keseluruhan sudah oke,” ungkap Chico, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, pada gim pertama, Chico mampu mengimbangi laju perolehan poin Rajawat dengan solid.

Meski sempat tertinggal tiga poin di momen krusial, tunggal putra kelahiran Jayapura itu dengan sabar bangkit dan menerapkan strategi yang ia persiapkan, sebelum pada akhirnya mengunci kemenangan di gim pertama.

Sementara pada gim kedua, Chico mengakui bahwa ia kurang cepat beradaptasi dengan pola permainan baru yang diterapkan oleh Rajawat.

“Di gim kedua setelah interval, lawan mengubah pola permainan dan saya kurang cepat menyesuaikan, jadi kurang enak mainnya,” kata Chico.

Pada gim pamungkas, tunggal putra peringkat 32 dunia itu kembali tampil tenang namun juga terus mendominasi kontrol permainan dengan baik, dan tidak memberikan kesempatan bagi lawan untuk mengembangkan strateginya.

“Di gim ketiga saya coba lebih tenang, dari sana saya akhirnya bisa kembali menemukan form seperti yang saya lakukan di gim pertama,” kata Chico.

Dengan ini, maka Chico akan kembali bertemu dengan Shi Yu Qi (China) di babak kedua All England Open 2024. Di semifinal French Open 2024 minggu lalu, Chico harus mengakui keunggulan Shi Yu Qi.

“Di babak 16 besar akan bertemu Rasmus Gemke atau Shi Yu Qi, pastinya siapa pun adalah lawan yang berat jadi saya mau kasih yang terbaik buat besok,” ujar dia.

Hasil 16 Besar All England 2024, Kamis, 14 Maret:

Fajar Alfian/Rian Ardianto vs Akira Koga/Taichi Saito

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Satwiksairaj Renkireddy/Chirag Shetty

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto 21-14, 10-21, 16-21

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Marcus Smith/Lauren Ellis

Gregoria Mariska Tunjung vs Beiwen Zhang 21-19, 24-22

Anthony Sinisuka Ginting vs Kenta Nishimoto 21-18, 21-19

Jonatan Christie vs Kunlavut Vitidsarn 21-19, 18-21, 21-13

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Shi Yu Qi 19-21, 10-21

Jadwal 16 Besar All England 2024, Kamis, 14 Maret:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper