Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

German Open 2024 Hanya Diikuti 3 Ganda Campuran, Ini Penjelasan PBSI

Kabid Binpres PBSI Ricky Soebagdja menjelaskan alasan federasi hanya menurunkan 3 ganda campuran di German Open 2024.
PBSI beberkan alasan hanya menurunkan 3 ganda campuran di German Open 2024/Antara.
PBSI beberkan alasan hanya menurunkan 3 ganda campuran di German Open 2024/Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI Ricky Soebagdja menjelaskan menurunkan wakil di sektor ganda campuran saja pada turnamen German Open 2024.

Turnamen BWF Super 300 German Open 2024 bergulir mulai hari ini, Selasa (27/2/2024) hingga Minggu (3/3/2024).

Dalam turnamen ini, PBSI hanya menurunkan 3 ganda campuran yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Menurut Kabid Binpres PBSI Ricky Soebagdja, keputusan itu menyusul pertimbangan federasi untuk 3 ganda campuran Indonesia yang masih perlu mengumpulkan lebih banyak poin lagi agar bisa lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris mendatang.

"Karena khususnya di ganda campuran, kami sudah berdiskusi sebelumnya dengan pelatih, Koh Herry (IP) untuk bagaimana mengamankan posisi (terutama) Rinov/Pitha ini seperti apa," ucap Ricky saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (27/2/2024).

"Jadi, (pertimbangan) menurunkan level (turnamen) tentunya kami berharap meraih poin di situ hingga juara di sana," ujarnya menambahkan.

Khusus untuk Rinov/Pitha yang merupakan ganda campuran Indonesia dengan peringkat tertinggi di daftar Race to Olympics, mereka akan diturunkan pula di turnamen BWF Super 300 lainnya, Orleans Masters, yang digelar bersamaan dengan All England Open 2024.

PBSI berharap Rinov/Pitha mampu mendongkrak peringkat mereka dan lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

"Nanti kita lihat progresnya hingga dua-tiga event ini sampai ke Orleans. Koh Herry (IP) juga diminta berangkat untuk mendampingi Rinov/Pitha dan semoga sesuai harapan dengan pertandingan-pertandingan yang sudah ditentukan," ujar Ricky.

Mengenai kondisi mental Rinov yang sempat menurun, Ricky mengatakan federasi sudah memberikan penanganan psikologis serta memperkuat hubungan pasangan dengan pelatih.

"Selama Race to Olympic ini ada pendampingan, ada hal-hal apa saja termasuk Rinov ada psikolog masuk di sana. Jadi segala hal untuk setiap pemain, pendampingan ini terus kami jalankan," kata Ricky.

"Khususnya Rinov (ada) pendampingan ke (setiap) kejuaraan, selama ini Koh Herry (IP) sebagai pelatih utama harus mendampingi dan menambah kepercayaan diri pemain," ujar peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta itu.

Ricky berharap, ketiga wakil Indonesia di German Open 2024 bisa memberikan penampilan terbaik dan merebut lebih banyak poin kualifikasi.

"Maka dari itu, kemarin kami kasih tahu betul-betul bahwa perlu kerja keras dan fokus ke pemainnya. Jadi betul-betul harus menjaga kondisi yang baik untuk mengejar poin," ujar Ricky.

Selain 3 ganda campuran, Indonesia awalnya juga menurunkan Alwi Farhan yang harus melalui babak kualifikasi di German Open 2024.

Namun belakangan Alwi ditarik karena dipersiapkan untuk turnamen lain pada bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper