Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petinggi Apple Minta Tim MLS Tiru Strategi Inter Miami Gaet Messi

Wakil presiden senior layanan Apple, Eddy Cue mendorong klub-klub MLS mengikuti langkah Inter Miami yang mendatangkan Lionel Messi.
Pemain Inter Miami, Lionel Messi, dinilai mendatangkan manfaat bisnis yang besar untuk tim MLS/Antara
Pemain Inter Miami, Lionel Messi, dinilai mendatangkan manfaat bisnis yang besar untuk tim MLS/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil presiden senior layanan Apple, Eddy Cue mendorong klub-klub Major League Soccer (MLS), alias Liga Amerika Serikat (AS), mengikuti langkah Inter Miami yang mendatangkan Lionel Messi.

Kehadiran megabintang sekaliber Lionel Messi, kata Eddy Cue, dapat meningkatkan jumlah penonton di stadion.

Dengan okupansi stadion yang meningkat, pamor serta kualitas MLS pun akan terdongkrak dan menghasilkan keuntungan dari segi bisnis.

Eddy Cue yang memimpin kolaborasi Apple TV dengan MLS mengatakan, hadirnya Messi di Amerika Serikat telah mendatangkan "efek bisnis" yang luar biasa.

Salah satunya adalah naiknya pamor MLS dan hadirnya banyak penonton baru dari kawasan Eropa, Amerika Selatan, hingga Amerika Utara.

"Saya senang ada tim yang berusaha keras. Jelas apa yang dilakukan Inter Miami adalah contohnya dan saya pikir perlu ada lebih banyak tim yang melakukan hal itu," kata Eddy Cue, Kamis (22/2/2024) waktu setempat.

Apple memang belum merilis jumlah pelanggan siaran langsung pertandingan MLS sejak kedatangan Messi ke Inter Miami.

Namun Sports Business Journal melaporkan bahwa penonton Apple mencapai 2 juta, atau yang naik dua kali lipat setelah Messi bergabung.

Cue mengaku terkejut dengan betapa besarnya dampak Messi untuk bisnis televisi di MLS.

"Saya terkejut. Saya tidak tahu jika hal itu [kedatangan Messi] membuat perbedaan, awalnya saya kira hal itu memerlukan banyak waktu. Ternyata itu bergerak sangat cepat dalam perspektif global dan perspektif bisnis di AS," ucap Cue.

Inter Miami menjadi sorotan setelah merekrut sejumlah pemain bintang antara lain Messi dan mantan rekan-rekannya nya di Barcelona, Jordi Alba dan Sergio Busquets.

Pada akhir tahun 2023, tim milik David Beckham itu menambah kualitas skuadnya dengan menghadirkan mantan striker Barcelona sekaligus sahabat Messi, Luis Suarez.

Komisaris MLS Don Garber mengakui bahwa Inter Miami telah menghasilkan pendapatan yang besar sejalan dengan hadirnya sejumlah pesepak bola ternama.

"Jika kami berpikir setiap tim bisa mewujudkan hal tersebut dengan merekrut pemain, saya dapat meyakinkan Anda bahwa MLS akan menyesuaikan peraturannya untuk dapat mewujudkan hal tersebut," kata Don Garber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper