Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Asia 2023: Ernando Ambil Pelajaran dari Pertandingan Jepang vs Vietnam

Kiper Indonesia tidak mau berkomentar banyak mengenai pertandingan Jepang vs Vietnam yang berkesudahan 4-2 dalam laga perdana Grup D Piala Asia 2023.
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari/Antara
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kiper Timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi tidak mau berkomentar banyak mengenai pertandingan Jepang vs Vietnam yang berkesudahan 4-2 dalam laga perdana Grup D Piala Asia 2023.

Ernando menegaska hanya ingin fokus dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya di Piala Asia 2023. Menurut jadwal, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dalam laga perdana Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) malam di Stadion Ahmad Bin Ali.

“Melihat laga Vietnam melawan Jepang, kita ada bekal untuk mempersiapkan tim. Kami punya tim analis. Saya hanya ingin fokus di laga perdana melawan Irak lebih dahulu, baru nanti bicara laga-laga berikutnya,” sebutnya dalam situs resmi PSSI.

Jelang melawan Irak di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia fokus membangun kekompakan tim dan mengasah taktik dari pelatih Shin Tae-yong.

“Persiapannya kita lebih untuk membangun kekompakan tim dan juga cara mengasah taktikal tim untuk melawan Irak. Semua pemainnya harus kita waspadai, karena kita harus fokus di setiap menitnya. Irak juga tim yang matang, dan juga kekompakan mereka sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, jadi kita harus fokus,”  bukanya usai latihan.

Irak sangat baik dalam permainan sepakbolanya di atas lapangan, umpan-umpan mereka juga berbahaya. Menurut Ernando, dengan kekompakan, timnya bisa menutup kesalahan sesama pemain, dan mengantisipasinya.

“Antisipasi pasti ya, jadi kita mengasahnya dalam kekompakan, jadi bisa saling menutup kesalahan sesama pemain yang satu dengan lainnya,” ungkapnya.

“Saya dan tim ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia, kita juga memacu semangat diri kita sendiri,” tutupnya.

Indonesia sebelumnya sudah pernah bertemu dengan Irak, pertemuan terakhir kedua tim di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Basra, 16 November 2023, Irak mengalahkan Indonesia dengan skor telak 5-1.

Berdasarkan update terakhir FIFA pada 21 Desember 2023, Irak menempati peringkat 63, atau nomor tujuh di Asia. Sementara itu, Indonesia ada di posisi 146.

Tentu laga ini sangat penting untuk membuktikan bahwa Indonesia bisa berbuat yang terbaik.

Setelah melawan Irak, timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada 19 Januari di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Setelah itu, akan melawan Jepang pada 24 Januari di Stadion Al Thumama, Doha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper