Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Neymar Cedera di Timnas Brasil, Al Hilal Cuan Rp124 Miliar dari FIFA

Pemain timnas Brasil, Neymar, mengalami cedera saat melawan Uruguay di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan (Conmebol).
Cedera Neymar saat timnas Brasil kalah dari Uruguay bisa membuat Al Hilal mendapat dana kompensasi dari FIFA/Reuters.
Cedera Neymar saat timnas Brasil kalah dari Uruguay bisa membuat Al Hilal mendapat dana kompensasi dari FIFA/Reuters.

Bisnis.com, SOLO - Pemain timnas Brasil, Neymar, mengalami cedera saat melawan Uruguay di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan (Conmebol).

Neymar mengalami cedera dan harus ditarik keluar saat Brasil kalah 0-2 dari Uruguay dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol di Stadion Nasional Montevideo, Rabu (18/10/2023).

Neymar terkapar setelah berbenturan dengan pemain Uruguay, Nicolas de la Cruz, pada menit ke-44.

Setelah menangis saat ditandu keluar lapangan, posisi Neymar pun lantas digantikan oleh Richarlison.

Seusai laga, timnas Brasil mengonfirmasi bahwa Neymar mengalami cedera robek Anterior Cruciate Ligament (ACL) dan meniskus di lutut kiri.

Cedera itu terbilang parah dan membuat Neymar terancam absen dari lapangan hijau untuk beberapa bulan.

Klub Neymar, Al Hilal, bisa kecipratan "berkah" dari cederanya eks pemain Barcelona tersebut. Pasalnya, Al Hilal akan menerima dana kompensasi dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) karena Neymar cedera bersama timnas Brasil.

FIFA memiliki program perlindungan bagi pemain yang tidak dapat berkompetisi di tim selama 28 hari beruntun karena cedera di kalender internasional.

Karena cedera Neymar didapat pada laga resmi FIFA, yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026, induk sepak bola dunia itu pun akan bertanggung jawab.

"FIFA menanggung cedera maksimal satu tahun dan jumlah kompensasi dibatasi hingga 7,5 juta euro (sekitar Rp 124 miliar)," kata spesialis bidang Hukum Olahraga, Eduardo Carlezzo, dilansir dari Marca.

Carlezzo mengatakan, jumlah maksimal yang akan dibayarkan FIFA kepada klub per hari saat pemain absen adalah 20.548 ribu atau sekitar Rp341 juta.

Dia menambahkan, FIFA menganggarkan dana sekitar 80 juta euro (Rp1,3 triliun) sebagai kompensasi kepada klub yang pemainnya mengalami cedera pada kalender internasional. Hal itu tercantum dalam FIFA Club Protection Program.

Dana tersebut yang akan diberikan kepada Al Hilal jika mengajukan klaim karena cedera yang dialami oleh Neymar.

Neymar baru didatangkan Al Hilal dari Paris Saint-Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas 2023.

Pemain 31 tahun itu digaet dengan biaya transfer 90 juta euro (Rp1,5 triliun) dan digaji 137 juta euro (Rp4,5 triliun) per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper