Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASEAN Para Games 2023: Bayan Peduli untuk Kesuksesan Kontingen Indonesia

Melalui program Bayan Peduli, Bayan Resources telah menjadi sponsor utama Kontingen Indonesia untuk berjuang di Asean Para Games 2023 Kamboja.
Direktur PT Bayan Resources, Tbk. Merlin Sanjaya (kiri), pelatih para swimming Irfan Dwi, atlet para swimming Riyanti, atlet para swimming Mutiara Cantik Harsanto, dan HSE - CD/CSR manager PT Bayan Resources, Tbk. Dian Fiana Ratna Dewi/ Bisnis-David Eka Issetiabudi
Direktur PT Bayan Resources, Tbk. Merlin Sanjaya (kiri), pelatih para swimming Irfan Dwi, atlet para swimming Riyanti, atlet para swimming Mutiara Cantik Harsanto, dan HSE - CD/CSR manager PT Bayan Resources, Tbk. Dian Fiana Ratna Dewi/ Bisnis-David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, PHNOM PENH - Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja berhasil melampaui target 121 medali emas yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Hingga Jumat (9/6/2023) ini, kontingen Indonesia masih unggul di puncak klasemen dengan meraih 153 medali emas, 141 medali perak, dan 87 medali perunggu.

Prestasi cemerlang kontingen Indonesia ini tentu tidak dapat dipisahkan dari peran PT Bayan Resources, Tbk. yang berkode BYAN sebagai sponsor utama, lewat program Bayan Peduli. 

Terkait hal ini, Bayan Peduli telah memberikan bantuan sebesar Rp5 miliar untuk mendukung National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dalam mengirimkan 500 personel, termasuk 269 atlet dari 12 cabang olahraga ke perhelatan tersebut.

Ditemui di Phnom Penh, Direktur PT Bayan Resources, Tbk. Merlin Sanjaya mengungkapkan, Bayan Peduli merupakan inisiatif filantropi yang diprakarsai oleh Dato' DR Low Tuck Kwong Direktur Utama sekaligus sebagai Pemegang Saham Pengendali PT Bayan Resources, Tbk. 

Program Bayan Peduli memiliki beberapa fokus utama seperti pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, dan keanekaragaman hayati. Program Bayan Peduli ini diluncurkan pada April 2022 dengan slogan "Berkarya Nyata Bangun Bangsa."

Berbeda dengan program pemberdayaan masyarakat yang diatur oleh UU Pertambangan yang memiliki kewajiban terhadap masyarakat sekitar area operasi yang  terdampak, Bayan Peduli menjalankan program CSR atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang lebih komprehensif. 

Bayan Peduli bertujuan untuk mencapai dampak yang luas terhadap kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat Indonesia sehingga program-programnya difokuskan pada tingkat nasional melalui kerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Pada 2022, Bayan Peduli telah melaksanakan program yang berfokus pada sektor pendidikan dan kesehatan, seperti pemberian beasiswa kepada putra putri Provinsi Kalimantan Timur sebagai langkah awal. 

Lalu pada 2023 program ini diperluas menjadi program nasional yang diberi nama Bayan Open Scholarship. Sementara itu, di bidang kesehatan, Bayan Peduli telah melaksanakan program Bayan Open 2022 yang berlangsung pada 30 Agustus hingga 4 September 2022. 

Selain itu, Bayan Peduli juga menjadi sponsor dalam pekan olahraga untuk masyarakat berkebutuhan khusus melalui Indonesia Paragames 2022 yang  diselenggarakan di Surakarta serta berpartisipasi menjadi sponsor dalam acara B-20 dan memberikan bantuan penanggulangan bencana gempa Cianjur 2022.

Tahun 2023 ini, Bayan Peduli berpartisipasi di perhelatan International ASEAN Para Games 2023 menjalin kemitraan dengan NPC Indonesia untuk menjadi sponsor utama dalam kegiatan ASEAN Para Games. 

“Kami telah memulai dukungan ini dalam ASEAN Para Games 2022 di Surakarta dan melanjutkannya dalam ASEAN Para Games 2023 di Kamboja kali ini. Ke depannya, Bayan Peduli akan terus memberikan dukungan lebih lanjut pada kegiatan serupa,” ujar Merlin. 

Merlin mengatakan, program Bayan Peduli merupakan bentuk kontribusi positif yang perusahaan lakukan untuk masyarakat Indonesia dan berharap dukungan kepada seluruh atlet disabilitas mencerminkan tujuan mulia perusahaan untuk berperan mengukir prestasi untuk bangsa. 

Lebih lanjut, Merlin mengatakan salah satu aspek penting yang menjadi fokus Bayan Peduli adalah memberikan dukungan kepada kelompok rentan, termasuk di dalamnya para penyandang disabilitas. 

“Program TJSL Bayan Peduli di ASEAN Para Games ini, membuktikan peran perusahaan PT Bayan Resources, Tbk yang sangat mendukung nilai-nilai inklusivitas,“ tambahnya. 

Sementara itu,  HSE - CD/CSR manager PT Bayan Resources Tbk,  Dian Fiana Ratna Dewi, mengungkapkan bahwa dukungan Bayan Peduli di Kamboja ini merupakan bagian dari langkah besar perusahaan dalam membantu kaum rentan, terutama kaum disabilitas. 

“Isu ini merupakan permasalahan nasional yang belum banyak disentuh oleh perusahaan tambang. Kami memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang dan menginspirasi orang lain melalui program ini," ungkap Dian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Wahyu Arifin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper