Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Indonesia vs Argentina: Dua Pemain Timnas Sudah Tidak Sabar

Dua pemain yang baru saja merampungkan proses naturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick sudah tidak sabar melawan Argentina.
Ivar Jenner (FC Utrecht) dan Justin Hubner (Wolverhampton Wanderes FC) /PSSI
Ivar Jenner (FC Utrecht) dan Justin Hubner (Wolverhampton Wanderes FC) /PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Dua pemain yang baru saja merampungkan proses naturalisasi, Ivar Jenner dan Rafael Struick sudah tidak sabar melawan Argentina (19/6) di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Saking antusiasnya, keduanya memilih tinggal di Jakarta ketimbang kembali ke Belanda. Keduanya juga akan bersama-sama dengan pemain lainnya terbang ke Surabaya untuk memulai pemusatan latihan pada Senin (5/6).

"Saya sudah tidak sabar untuk memperkuat timnas Indonesia. Saya tahu animo suporter sangat luar biasa di sini. Stadion Utama Gelora Bung Karno juga megah dan rumputnya bagus. Ini akan menjadi pertandingan yang menyenangkan melawan Argentina," ujar Ivar Jenner.

Sama dengan Jenner, Rafael pun tak kalah gembiranya. "Pertandingan yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi ini melawan Argentina, juara Piala Dunia di Qatar sekaligus peringkat satu dunia," imbuh Rafael.

Baik Ivar dan Rafael sudah diperkenalkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam acara konferensi pers pengumuman resmi FIFA Matchday antara Indonesia dan Argentina di ruang media Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (24/05). 

Selama Shin Tae-yong menangani Indonesia sejak Desember 2019 sudah ada lima pemain keturunan yang dinaturalisasi. Selain Ivar dan Rafael, ada juga:

1. Sandy Walsh

Sandy Walsh resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta pada 17 November 2022. 

Pria 27 tahun ini memiliki darah Indonesia dari pihak ibu. Kakek dari pihak ibu berasal dari Surabaya dan nenek dari ibu dari Malang. Kebetulan pula Sandy sudah lama ingin menjadi warga Indonesia.

2. Jordi Amat

Jordi juga dilantik pada 17 November 2022. Proses naturalisasi Jordi dari awal hingga rampung bersamaan dengan Sandy. Nama keduanya sama-sama direkomendasikan oleh Shin.

Tidak seperti Sandy, Jordi telah melakukan debut di Timnas Indonesia. Itu terjadi dalam Piala AFF 2022. Sayangnya kehadiran bek 31 tahun itu belum bisa memberikan gelar juara, setelah dikalahkan Vietnam di semifinal.

3. Shayne Pattynama

Pattynama resmi menjadi WNI pada 24 Januari 2023. Hal itu terjadi setelah mengambil sumpah setia kepada Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkumham Jakarta Timur dan berkasnya ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Hingga kini pemain kelahiran Belanda yang sedang berkarier di Norwegia bersama Viking FK ini belum melakoni debut bersama Indonesia. Ini karena Pattynama belum bisa memenuhi panggilan Garuda pada kalender internasional sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper