Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Retegui Tampil Tajam Bersama Timnas Italia, Mancini Berencana Panggil Oriundi Lainnya

Mancini rupanya terkesan dengan penampilan striker Mateo Retegui yang mencetak dua gol dalam dua laga di kualifikasi Piala Eropa 2024.
Striker Timnas Italia, Mateo Retegui /Reuters
Striker Timnas Italia, Mateo Retegui /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Italia, Roberto Mancini berencana memanggil lebih banyak 'Oriundi' untuk bermain di timnas Gli Azzurri seperti yang Swiss, Belgia, Prancis, Jerman, Inggris lakukan.

Mancini rupanya terkesan dengan penampilan striker Mateo Retegui yang mencetak dua gol dalam dua laga di kualifikasi Piala Eropa 2024. caps pertamanya, Roberto Mancini meyakinkan dia bisa  untuk Italia.

Oriundi adalah pemain yang lahir dan besar di luar negeri dengan nenek moyang mereka berasal dari Italia.

Retegui kelahiran Argentina mencetak gol dalam laga debutnya saat Italia kalah 1-2 dari Inggris. Retegui kemudian mencetak gol lagi saat membekuk Malta 2-0.

"Retegui tahu bagaimana memasukkan bola ke gawang dan itu bukan apa-apa," kata Mancini dalam konferensi persnya.

“Itulah yang kami lihat ketika kami memantau dia. Dia masih butuh waktu, dia harus mengenal sepak bola Eropa, tapi dia tahu bagaimana mencetak gol dan itu adalah kualitas yang penting.”

Ada kritik bahwa Retegui mewakili Italia meski belum bisa berbahasa Italia, dan malam ini dia setidaknya mulai menyanyikan lagu kebangsaan.

“Dia mencoba, itu sudah bagus. Memiliki Retegui di Serie A akan membuatnya lebih kuat, membantunya mempelajari bahasa dan karenanya berdialog lebih baik dengan rekan satu timnya di lapangan.”

Mancini kemudian ditanya apakah dia berniat memanggil Oriundi untuk membela timnas Italia.

“Ya, itu kemungkinan. Kami memiliki persentase minimum orang Italia yang bermain reguler di Serie A. Jika Anda melihat negara lain, mereka semua melakukannya. Swiss memiliki 15 dari 20 pemain yang merupakan Oriundi. Begitu juga Belgia. Prancis, Jerman, dan Inggris semuanya melihat ke Oriundi."

"Sampai beberapa tahun yang lalu, kami memiliki banyak pemain yang kuat dan tidak perlu melakukannya. Yang lain melakukannya, sering mengambil pemain yang telah kami bantu untuk berkembang dan menjadi dewasa, jadi sekarang kami akan beradaptasi dan melakukan hal yang sama."

Ada juga pergeseran penerimaan budaya di Italia, mulai benar-benar menganggap mereka yang lahir dan besar di negara itu sebagai orang Italia, meski seperti Wilfried Gnonto orang tua mereka berasal dari Pantai Gading.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper