Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-3 Balapan, 20 Ribu Tiket WSBK Mandalika Laku Terjual

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady, mengungkapkan bahwa tiket World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika sudah terjual hampir 20 ribu lembar.
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP
Sirkuit Mandalika/Twitter MotoGP

Bisnis.com, SOLO - Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat, Jamaluddin Malady, mengungkapkan bahwa tiket World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika sudah terjual hampir 20 ribu lembar.

Agenda WSBK Mandalika 2023 akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 3-5 Maret 2023.

Tiga hari jelang permulaan agenda WSBK Mandalika, tiket yang terjual mencapai hampir 20 ribu lembar.

"Untuk penjualan tiket sudah hampir 20 ribu sekarang," ujar Jamaluddin Malady, Selasa (28/2/2023).

Ia mengatakan progres penjualan tiket tahun ini lebih baik dibanding WSBK 2022. "Mudah-mudahan bisa melampaui target," katanya.

Pemerintah pusat menargetkan jumlah penonton WSBK Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika sebanyak 75 ribu orang.

Sedangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB menargetkan bisa menarik 100 ribu orang untuk hadir ke sirkuit.

Untuk mengejar target 75 ribu penonton tersebut, Jamaluddin mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) baik pemerintah provinsi dan 10 pemerintah kabupaten/kota di NTB diimbau untuk menonton WSBK Mandalika.

"Ajakan ASN menonton ini sifatnya imbauan dan tidak ada paksaan. Karena ASN diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk ikut meramaikan WSBK Mandalika," tutur Jamaluddin.

Selain itu, para bupati dan wali kota juga diharapkan mengajak ASN di wilayahnya untuk ikut menonton WSBK.

Di Pemprov NTB, jumlah ASN mencapai 15 ribu orang, angka itu belum ditambah jumlah ASN yang tersebar di 10 kabupaten dan kota.

"Bayangkan kalau seluruh ASN ini bisa hadir, target itu bisa, karena bagaimanapun kita menjadi tuan rumah ini membawa nama negara dan Indonesia," tutur Jamaluddin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga telah menyurati Kepala Dinas Pariwisata se-Indonesia untuk juga menonton.

Selain menonton, Dinas Pariwisata se-Indonesia juga diharapkan membawa produk ekonomi kreatif daerah masing-masing untuk diperkenalkan kepada penonton, kru, dan pembalap WSBK.

Pelajar mulai tingkat SMP, SMA, SMK/MA, dan pondok pesantren (Ponpes) juga diberikan kuota 25 ribu tiket murah untuk meramaikan WSBK Mandalika.

Tiket untuk pelajar dijual seharga Rp20 ribu pada Minggu (5/3/2023). Sedangkan untuk dua hari mulai Sabtu dan Minggu dijual seharga Rp25 ribu.

Alokasi tiket kepada pelajar ini sudah disepakati bersama antara pemerintah dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) serta Xplorin saat peluncuran WSBK Mandalika di Jakarta.

"Harganya Rp20 ribu. Itu untuk biaya mengganti pembuatan gelang. Jadi tiket ini khusus anak sekolah, bukan umum," kata Jamaluddin.

Terkait harga tiket WSBK Mandalika, menurut Jamaluddin, tahun ini jauh lebih murah dibandingkan tahun sebelumnya.
Untuk tiket kelas premiere dijual seharga Rp2,75 juta. Pada saat MotoGP tahun lalu, harga tiket kelas premiere mencapai Rp15 juta.

"Kenapa sekarang murah, supaya banyak orang datang ke NTB. Jangan sampai mereka bilang mahal karena belum hitung harga hotel, tiket pesawat mahal. Itu sudah kita selisih harga berjuta-juta. Supaya tidak ada alasan lagi tidak datang ke Lombok menonton WSBK," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper