Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Timnas Indonesia U-20 Tanpa Marselino di Piala Asia, Shin Tae-yong Pasang Siapa?

Kabar ini jadi pukulan telak untuk Shin Tae-yong karena Marselino begitu sangat diandalkan baik di timnas Garuda Muda maupun level senior.
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia U-20 Shin Tae Yong memastikan Marselino Ferdinan, tidak dibawa untuk Piala Asia U-20 yang akan berlangsung Maret mendatang.

Menurut Shin, Marselino tidak dibawa serta ke Uzbekistan karena sang pemain masih harus membela klubnya, KMSK Deinze, di Liga divisi kedua Belgia.

Kepastian ini merupakan pukulan telak untuk Shin Tae-yong karena Marselino begitu sangat diandalkan oleh pelatih asal Korea Selatan itu baik di timnas Garuda Nusantara maupun level senior.

Marselino bahkan ikut mengantarkan timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF. Di ajang tersebut, Marselino juga mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam.

"Dan pasti Marselino tidak akan ikut ke Uzbekistan. Jadi tanggal 8 April begitu selesai pertandingan timnya Marselino, pasti akan bergabung ke timnas sampai selesai Piala Dunia (U-20)," kata Shin pada konferensi pers setelah pertandingan persahabatan internasional melawan Guatemala, Selasa malam WIB.

Pemain binaan Persebaya Surabaya itu saat ini sedang berusaha untuk mendapatkan kesempatan bermain di klub Belgia tersebut. Tercatat, sejak resmi direkrut Deinze pada 1 Februari 2023, Marselino belum pernah diberi kesempatan melakukan debutnya.

Ketidakhadiran Marselino membuat STY harus berpikir keras untuk komposisi lini tengah. Tanpa kehadiran Marselino, Shin Tae-yong kerap memasang Ginanjar Wahyu termasuk di turnamen mini U-20 yang diikuti Selandia Baru, Guatemala, dan Fiji.

Pemain Persija itu memang mempunyai kesamaan karakter dengan Marselino sebagai gelandang serang. Ginanjar bahkan sudah tampil 14 kali bersama Persija musim ini dengan catatan tiga gol.

Statistik tersebut dinilai membuat Ginanjar layak didapuk sebagai pengganti Marselino di lini tengah Timnas U-20.

Masalah pemanggilan pemain memang sempat mewarnai persiapan timnas U-20 menjelang penampilan mereka di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20. Persija Jakarta dan Persib Bandung diketahui sempat menahan sejumlah pemainnya karena masih membutuhkan jasa mereka, sebelum akhirnya melepas semua pemain yang dibutuhkan pelatih Shin.

Selain Marselino, tercatat ada satu lagi pemain anggota timnas U-20 yang sedang memperkuat klub luar negeri adalah Ronaldo Kwateh, yang kini telah resmi berseragam klub Turki Bodrumspor FC. Namun berberda dengan Marselino, Ronaldo telah bergabung dengan rekan-rekan di tim nasional, bahkan sempat dimainkan pada pertandingan persahabatan kontra Guatemala.

Timnas Indonesia U-20 akan bermain di Piala Asia U-20 pada 1 sampai 18 Maret di Uzbekistan. Kemudian pada 20 Mei sampai 11 Juni mereka akan mengikuti Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di tanah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper