Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BAMTC 2023, Fajar dan Apriyani Bakal Pimpin Skuad Indonesia

Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu dipercaya untuk menjadi kapten yang memandu skuad Indonesia di Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023.
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, juara Malaysia Open 2023/PBSI.
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, juara Malaysia Open 2023/PBSI.

Bisnis.com, JAKARTA — Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu dipercaya untuk menjadi kapten yang memandu skuad Indonesia di Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023.

Tim bulu tangkis Indonesia tengah bersiap untuk menjalani laga perdana pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab pada 14-19 Februari mendatang.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan bahwa Fajar Alfian dan Apriyani Rahayu akan menjadi kapten kontingen Indonesia.

Kedua atlet tersebut harus menahkodai tim Merah Putih yang akan menjalani dua laga, melawan Lebanon dan Suriah, pada hari pembuka, Selasa (14/2/2023). Indonesia akan melakukan rotasi agar semua pemain bisa turun gelanggang.

Pada pertandingan pagi jam 09.00 waktu setempat, Fajar Alfian dan kawan-kawan akan menghadapi Lebanon. Sementara pada petang hari pukul 17.00 (waktu UEA) bakal bersua Suriah.

"Untuk menghadapi dua laga di hari pertama pertandingan, kami akan menyusun dua tim. Ini untuk menghadapi Lebanon di pagi dan Suriah di petang hari. Kami akan merotasi pemain yang ditampilkan," kata Rionny Mainaky kepada Tim Humas dan Media PBSI, Senin (13/2/2023).

Rionny mengatakan, langkah ini diambil demi strategi dan adaptasi para pemain dengan Dubai Exhibition Centre, Dubai, yang menjadi arena pertandingan. 

"Dengan menurunkan dua tim, pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan dan juga untuk strategi. Biar semua pemain bisa main dan mendapatkan atmosfer pertandingan," ujar Rionny.

Rionny pun berpesan agar semua pemain mempersiapkan diri dengan bagus. Kendati di atas kertas bisa mengatasi perlawanan Lebanon dan Suriah, para pemain diwanti-wanti agar tidak meremehkan lawan.

"Persiapan harus bagus. Menjaga makan yang baik, istirahat yang cukup. Dan bersiap untuk bermain bagus. Berusaha mati-matian dan jangan lupa berdoa. Selain itu, harus jaga kondisi," pesan Rionny.

Soal rotasi, kapten tim Fajar Alfian pun setuju. Hal ini agar semua pemain bisa tampil dan merasakan atmosfer pertandingan hari perdana. Mumpung bertemu Lebanon dan Suriah, pemain bisa bergantian tampil.

"Tanpa meremehkan, mumpung bertemu lawan yang di atas kertas bisa diatasi, semua pemain memang sebaiknya dimainkan dulu. Ini agar pemain dapat atmosfer dan adaptasi dengan lapangan. Saya sendiri kalau ditunjuk, tentu harus siap," ujar Fajar.

Pemain tunggal putri, Putri Kusuma Wardani, juga menyatakan siap bila dimainkan untuk tampil pada hari pertama kejuaraan.

"Kalau dipercaya dimainkan, saya tentu siap. Tidak hanya siap tanding, tetapi sekalian juga siap sumbang poin," ucap Putri KW, usai latihan di arena pertandingan, Senin (13/2/2023) pagi.

Pemain yang lain pun mengungkapkan hal senada. Dua pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo juga mengaku siap dimainkan. "Kalau ditunjuk main, saya siap saja. Persiapannya juga bagus," ujar Chico.

Pemain ganda putri, Lanny Tria Mayasari menyebut akan tampil maksimal bila diberi kesempatan turun bertanding bersama Ribka Sugiarto.

"Saya juga siap tempur. Saya akan berjuang maksimal bila diberi kepercayaan tampil," ucap Lanny.

Menurut pelatih ganda campuran Amon Sunaryo, dua pasangan yang dibawa ke Dubai, juga akan bergantian tampil.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari maupun Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan diturunkan di hari pertama.

"Dua pasangan ini akan turun semua. Mungkin Rinov/Pitha yang turun pagi dan gantian Rehan/Lisa yang main sore," tuturnya.

Jadwal Tim Indonesia pada BAMTC 2023

Selasa, 14 Februari

09.00 (12.00 WIB) - Indonesia vs Lebanon 
17.00 (20.00 WIB) - Indonesia vs Suriah

Rabu, 15 Februari 2023

09.00 (12.00 WIB) - Indonesia vs Bahrain

Kamis, 16 Februari 2023

13.00 (15.00 WIB) - Indonesia vs Thailand 

*Waktu Dubai atau tiga jam lebih lambat dibanding WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper