Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketika Kehadiran Pele Mampu Hentikan Perang Saudara di Nigeria

Semasa aktif bermain, Pele pernah punya cerita menghentikan perang saudara di Afrika selama 48 jam. Kehadiran Pele bersama Santos mampu membawa perdamaian.
Pele alias Edson Arantes do Nascimento/Reuters
Pele alias Edson Arantes do Nascimento/Reuters

Bisnis.com, SOLO - Semasa aktif bermain, Pele pernah punya cerita menghentikan perang saudara di Afrika selama 48 jam. Menggelar tur di Nigeria bersama Santos, kehadiran Pele mampu membawa perdamaian.

Legenda sepak bola Brasil, Pele, meninggal dunia di RS Albert Einstein pada Jumat (30/12/2022) dini hari WIB.

Pele meninggal pada usia 82 tahun akibat kanker usus yang ia derita. Usai menjalani operasi pada September lalu, Pele mendapat serangkaian perawatan intensif di rumah sakit.

Kepergian Pele menyisakan duka mendalam bagi penggemar sepak bola. Sebab, Pele merupakan legenda yang namanya begitu tersohor.

Pele merupakan pemain dengan gelar juara Piala Dunia terbanyak yakni tiga kali. Lebih dari itu, ia juga merupakan top skor sepanjang masa timnas Brasil.

Saking berkilaunya popularitas Pele, pernah ada kejadian di mana kehadirannya mampu menghentikan perang saudara di Nigeria.

Perang Biafra terjadi di Nigeria pada 6 Juli 1967 hingga 15 Januari 1970. Perang ini dipicu perselisihan antara pemerintah federal dengan etnis Igbo.

Orang-orang dari etnis Igbo menyebut pemerintah federal tidak lagi mewakili aspirasi mereka. Hal itu membuat mereka ingin memisahkan diri dari Nigeria.

Perang pun berkecamuk hingga membuat banyak orang kelaparan dan tindak kejahatan meningkat.

Perang saudara kemudian terhenti sementara karena kehadiran Pele bersama timnya, Santos FC.

Santos menggelar tur ke Afrika dalam rangka persiapan Pele dan kawan-kawan menuju Piala Dunia 1970.

Kala itu nama Pele sudah terkenal pada 1969 karena sudah membawa Brasil dua kali juara Piala Dunia. Walhasil, kehadirannya di Nigeria amat ditunggu.

Pertandingan persahabatan pun digelar pada 26 Januari 1969 mempertemukan Santos vs timnas Nigeria di Lagos City Stadium.

Adanya laga tersebut membuat dua kelompok yang terlibat perang akhirnya sepakat melakukan gencatan senjata selama 48 jam.

Pasukan yang terlibat perang akhirnya justru terlibat dalam mengamankan penonton tanpa membedakan etnis dan budaya.

Laga tersebut berakhir dengan skor imbang 2-2. Kedua gol Santos dicetak oleh Pele. Antusiasme penonton pun terbayar lunas.

Pele pun membuat situasi mencekam di daerah konflik menjadi tenang lewat pertandingan sepak bola.

Meskipun perang saudara akhirnya berlanjut setelah laga ini, setidaknya Pele mampu membawa kedamaian di Nigeria berkat kehadirannya.

"Kami diminta untuk memainkan pertandingan persahabatan di Kota Benin, di tengah Perang Saudara. Namun, Santos sangat dicintai sehingga mereka menyetujui gencatan senjata pada hari pertandingan. Itu dikenal sebagai hari Santos menghentikan perang," tutur Pele pada 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper